⁠⁠⁠Desa Gembong Belum Realisasikan Dana Desa

detakbanten.com Kab. Tangerang - Meski Pemkab Tangerang sudah mencairkan dana desa sebesar 40 persen sebelum idul Fitri kemarin namun Desa Gembong, Balaraja belum melaksanakan pembangunan fisik karena hanya dana siltap yang baru bisa dicairkan.

Di Desa Gembong total anggaran desa yang akan dicairkan mencapai Rp1.4 miliar, sementara 40 persen sudah dicairkan pada bulan suci Ramadhan kemarin. Anggaran tersebut dialokasikan untuk program bidang pembangunan fisik sebesar Rp819.080.988, program bidang penyelenggaraan desa sebesar Rp 415.769.076, programbidang pembinaan kemasyarakatan Rp98.919.196. Dan program bidang pemberdayaan masyarakat sebesar Rp67.773.196.

Sekdes Gembong Bahtiar mengatakan, dana yang telah dicairkan 40 persen yang lalu , salah satunya dialokasikan untuk BOP BPD , RT dan Siltap Kades dan perangkat Desa, hanya saja untuk kegiatan fisik belum direalisasikan. "Untuk kegiatan pembangunan fisik Masih menunggu pencairan di Bank Jabar Banten (BJB-) , kami belum merealisasikannya," terang Bahtiar

Sementara Kabid Bangdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Roni Muharom mengatakan tahap pertama dana desa sudah dicairkan, dia rencananya akan monitor langsung ke tiap desa untuk mengetahui sejauh mana realisasi penggunaanya. "Jika ada penyimpangan maka kami akn memberikan teguran baik secara lisan maupun tulisan," tandasnya.

Go to top