Buah Manggis Pandeglang, Tembus Pasar Internasional

Muchtar, Kasi Holtikultura Muchtar, Kasi Holtikultura

detakbanten.com BANTEN - Manggis (Garcinia mangostanal) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini asli berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang.

Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mempunyai kandungan aktivitasantiin flamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Kabupaten Pandeglang, sejak dari dulu terkenal memiliki banyak jenis durian, sehingga tidak heran di Kabupaten Pandeglang, banyak ditemukan nama daerah/ kampung yang memakai nama depan Kadu (duren), misalnya kadu beureum, kadu gajah, kadu jurig, dan lainnya.

Selain durian, di Kabupaten Pandeglang juga ditemukan banyak tanaman manggis yang tersebar di hampir semua Kecamatan.

Menurut Muchtar, Kasi Holtikultura pada Dinas Pertanian dan Peternakan, Manggis asal Kabupaten Pandeglang, beberapa tahun belakangan ini telah berhasil menembus pasar internasional.

"Buah manggis kita biasanya dibawa ke Singapura, Taipei dan Hongkong," katanya kepada Detakbanten, Kamis (29/10/2015).

Masih kata Muchtar, saat ini Kabupaten Pandeglang, dalam setahunnya menghasilkan sekitar 88 ton buah manggis.

Lanjutnya, guna pengembangan usaha buah manggis kedepan, pada tahun ini Dinas Pertanian dan Peternakan, telah membagikan 14.000 bibit manggis unggulan di 4 Kecamatan.

"4 Kecamatan ini nantinya akan menjadi sentra buah manggis, tidak hanya di Pandeglang tapi juga di Provinsi Banten," tutupnya.

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      
Go to top