Kapolda Banten : Pemudik Waspadai Pelaku Pembiusan

detakserang.com, CILEGON - Dalam rangka mengantisipasi tindak kriminalitas dan kejahatan yang kerap terjadi pada saat arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Kapolda menghimbau kepadapemudik agar berhati-hati dan waspada terhadap pelaku kejahatan pembiusan.

Bukan itu saja, berbagai tindak kejahatan seperti pencopetan, perampokan bahkan segala bentuk penipuan juga perlu diwaspadai oleh Para pemudik.

Hal ini disampaikan oleh Brigjen Pol M Zulkarnain, Kapolda Banten usai menghadiri Upacara Gelar pasukan. Operasi Ketupat dan Kalimaya 2014 di Pelabuhan Merak, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Senin (21/7).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lanjut Kapolda, Pihaknya telah menempatkan personil dalam menjaga keamanan dan kenyamanan bagi Pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

"Untuk pengamanan arus mudi di Banten, kita dari jajaran TNI dan Polri menerjurnkan sebanyak 2.050 personil" Terang Kapolda.

Selain itu, lanjut Kapolda, untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan, pihaknya juga akan memasang berbagai spanduk himbauan agar para pemudik lebih meningkatkan bahaya kriminalitas yang perlu diwaspadai.

" Kita akan pasang spanduk nanti, menghimbau agar kepada para pemudik jangan langsung percaya dan tidak terpengaruh oleh orang yang tidak dikenal saat memberi minuman dengan maksud tujuan kejahatan pembiusan," Ungkapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Provinsi Banten, H. Rano Karno, yang langsung memimpin dan berlaku sebagai Ispektur Upacara mengatakan bahwa agar para pemudik lebih berhati-hati saat akan menyeberang terlebih diprediksi menjelang arus mudik Lebaran, Perairan Selat sunda diperkirakan dilanda cuaca buruk.

" Harapan saya supaya ada ketertiban saat mudik nanti, Karena tren pemudik saat ini meningkat, Kita juga dapat kabar kalau ombak di Selat sunda, mencapai 3 meter. Dan ini harus di waspadai" Ujarnya.

Plt Gubernur menyampaikan agar seluruh elemen pemerintah agar bahu membahu membantu suksesi arus mudik Lebaran yang akan terjadi di Merak. Dengan dukungan penuh dari pihak aparat kemanan, Pihaknya yakin segala sesuatunya akan berjalan dengan lancar dan terkendali.

" secara teknis kita berikan dukungan kepada TNI dan polri. Kita juga mendirikan pos kesehatan untuk membantu para pemudik" Jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Cilegon, AKBP Defrian Donimando mengatakan unttuk mengantisipasi tindak kejahatan yang terjadi di Kota Cilegon khususnya di Pelabuhan Merak, Pihaknya menerjunkan personil dan mendirikan pos pengamanan dibeberapa titik rawan.

" Kita dioperasi ketupat ini, punya satgas preventif yang kita tempatkan di berbagai tempat pusat keramaian salah satunya di Pelabuhan Merak" Tandasnya.

Kapolres Cilegon mengatakan pihaknya juga akan berkonsentrasi pada arus kemacetan yang terjadi di Kota Cilegon mengingat arus kendaraan baik roda dua dan roda empat dalam arus mudik Lebaran kali ini meningkat.

" Untuk titik kemacetan masih di pusat kota, salah satunya di rumah dinas walikota. Sementara titik kerawanan kecelakaan ada di grogol dan merak beach" Pungkasnya.

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      
Go to top