Pemprov Banten Siap Perbaiki Laporan Keuangan Daerah

Ilustrasi Ilustrasi

Detakbanten.com SERANG Pemerintah Provinsi Banten siap melakukan perbaikan-perbaikan laporan keuangan pemerintah daerah, untuk mendapatkan opini lebih baik lagi atas LHP BPK RI.

"Kami akan selalu memperbaiki bila terdapat kekurangan baik pada tahun yang diperiksa maupun untuk tahun-tahun mendatang. Mudah-mudahan dalam tahun ini dan tahun selanjutnya dapat kinerja lebih baik lagi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno usai menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2014 ke BPK RI Perwakilan Banten di Serang, Kamis, (26/3/2015).

LKPD Pemerintah Provinsi Banten Tahun Anggaran 2014 diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Banten Rano Karno didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Kurdi Matin, dan Kepala Inspektorat Banten Anwar Mas'ud.

Rano mengatakan, Pemerintah Provinsi Banten telah berusaha menyusun sebaik mungkin laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan APBD Banten tahun 2014.

Oleh karena itu, pihak BPK nantinya diharapkan dapat menyampaikan kembali hasil pemeriksaan yang sebenarnya kepada Pemerintah Provinsi Banten atas kekurangan-kekurangan laporan tersebut.

Ia juga berharap LKPD Provinsi Banten TA 2014 yang akan diaudit oleh BPK mendapatkan hasil maksimal atau opini yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Sudah sejak lama kita persiapkan laporan ini, ya mudah-mudahan kita sudah berusaha. Saya tidak membela diri, tapi kita semua tahu tidak mudah pemerintahan ini, yang pasti pembenahan itu setiap saat kita lakukan, tentu hasilnya menjadi penyemangat kita untuk tahun selanjutnya agar lebih baik," kata Rano.

Kepala BPK RI Perwakilan Banten Sunarto mengatakan LKPD Pemprov Banten tahun anggaran 2014 tersebut selanjutnya ditindaklanjuti BPK untuk dilakukan pemeriksaan terhadap LKPD tersebut, sebelum nantinya dilaporkan ke DPRD Banten melalui paripurna.

"Selanjutnya BPK akan menelaah, menganalisa, dan menilai dengan seksama terhadap laporan yang telah Pemprov Banten sampaikan. Tentu saja laporan yang disampaikan Pemprov tersebut telah disusun sesuai dengan prosedur dan fakta sesuai laporan-laporan yang ada," kata Sunarto.

Kepala BPK RI Perwakilan Banten juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena Pemprov Banten telah menyerahkan LKPD dengan tepat waktu.

"Pada prinsipnya Banten ingin lebih baik, kalo hasilnya baik ya Alhamdulillah. Kalau belum ya gimana lagi, kita selalu memberikan penjelasan rekomendasi, ini loh yang harus diperbaiki, saya berikan kesempatan," kata Sunarto.

Menurut dia, pemeriksaan LKPD ini akan dilaksanakan sesuai dengan standar-standar yang berlaku dan akan membuat catatan-catatan yang sesuai dengan ketentuan dan pedoman yang telah ditetapkan.

"Penyerahannya sudah tepat waktu, tinggal kualitasnya yang disampaikan bagus atau tidak," katanya.

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      
Go to top