Sejumlah Ormas Deklarasikan Ramadhan Damai

Sejumlah Ormas Deklarasikan Ramadhan Damai

detakbanten.com SERANG - Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Provinsi Banten, menggelar deklarasi damai menjelang Ramadhan, para aktifis tersebut menyatakan sikap tidak akan melakukan aksi unjuk rasa, selama Ramadhan hingga H+7 Idul Fitri. di Gedung Serba Guna DPRD Provinsi Banten, Selasa (16/06/15).

Acara tersebut dihadiri pula oleh perwakilan Kapolda Banten, Danrem 0623 Maulana Yusuf Serang, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah, dan ratusan peserta deklarasi damai yang merupakan aktifis dari berbagai organisasi dan LSM.

Dzulkifli, selaku ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, pihaknya mengajak seluruh kalangan LSM dan Ormas agar menghormati bulan suci puasa, dengan tidak melakukan aksi unjuk rasa selama Ramadhan. Namun, bagi aktifis yang merasa tidak sepaham, ia tidak memaksa untuk menyetujui deklarasi tersebut.

"Kami menyatakan sikap dalam deklarasi damai ini, tidak akan berunjuk rasa selama Ramadhan. Tapi, bagi teman-teman aktifis yang merasa tidak sepaham, jangan dipaksakan, saya hanya mengajak untuk menghormati bulan puasa," katanya disela-sela acara.

Senada dikatakan Ketua LSM KPPRI Provinsi Banten, Uci Satibi. Pihaknya bersama seluruh pengurus dan anggota, menyatakan setuju dengan deklarasi tersebut. Sebab, dengan tidak melakukan aksi demo selama Ramadhan, maka umat islam yang menjalankan akan bisa lebih khidmat menjalankan puasa.

"Saya dan seluruh jajaran pengurus LSM KPPRI Perwakilan Banten, menyatakan sikap mendukung deklarasi ini untuk menghormati umat islam yang menjalankan puasa," ujarnya.

Uci berharap, bagi LSM maupun Ormas yang tidak setuju atas pemahaman tersebut, dapat tetap menghormati bulan suci puasa dengan tidak melakukan aksi unjuk rasa, khususnya di Pemerintahan Provinsi Banten.

"Kalaupun ada teman-teman yang tidak setuju deklarasi ini, saya harap dapat tetap menghormati umat islam yang tengah berpuasa di bulan suci Ramadhan," ungkapnya.

Pantauan wartawan, ratusan aktifis dari berbagai Ormas di Provinsi Banten, beramai-ramai mendatangi gedung serbaguna DPRD Banten untuk mendukung aksi deklarasi damai tersebut secara antusias. Bahkan, acara tersebut dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya hambatan apapun.

 

 

Go to top