Bappeda Himbau Desa Update Data Warga Miskin

Bappeda Himbau Desa Update Data Warga Miskin

detakbanten.com SERANG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang mengimbau seluruh desa di Kabupaten Serang agar selalu memperbaharui data warga miskin secara ekonomi, warga yang menempati rumah tidak layak huni ( RTLH ) dan lainnya.


Ferli Kurniawan selaku Kepala Seksi  Perencanaan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang menginginkan setiap desa selalu update data masyarakatnya dan segera dikirim ke kabupaten. Agar bantuan-bantuan yang direncanakan oleh pihak kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat tepat sasaran.

Ferli juga menjelaskan, jika pendataan tersebut merupakan kewajiban pihak desa. Soalnya,  desa langsung bersentuhan dengan masyarakat dan lebih tahu mana yang perlu dibantu. Karena kondisi ekonomi masyarakat naik turun disetiap bulan maupun setiap tahunnya.

"Desa seharusnya lebih peduli dan aktif dalam mendata warganya, agar masyarakat yang tidak mampu bisa mendapat bantuan dari pemerintah serta tepat sasaran. Data yang sudah didapat oleh desa lalu disahkan oleh kecamatan sebelum di setor ke pihak kabupaten," ujarnya.

Sistem update data saat ini saya rasa lebih mudah, tidak perlu repot-repot membuat proposal. Setiap data yang di update pihak desa melalui sistem, akan secara otomatis memperbaharui data dikabupaten.

 "Jika masih repot update data melalui sistem, silahkan secara manual juga tidak apa-apa," jelasnya.

Adapun kategori rumah tidak layak huni ( RTLH ), silahkan pihak desa berkoordinasi dengan dinas perkim yang menangani itu. "Yang terpenting menurut saya datanya aja dulu di-update," tandasnya.

 

 

Go to top