Print this page

Aplikasi SIM-ASN Inovasi Unggulan Kota Tangerang

Aplikasi SIM-ASN Inovasi Unggulan Kota Tangerang

detakbanten.com KOTA TANGERANG - Untuk menciptakan Pemerintahan yang Good Goverment, Kementerian Dalam Negeri setiap tahunnya melakukan penilaian terhadap Pemerintah Daerah inovatif. Pada tahun 2020 ini sebanyak 485 Daerah inovatif, mulai dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun Kota ikut dalam ajang Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2020.

Penilaian tersebut dilakukan dengan mekanisme Pengukuran indeks inovasi Daerah. Dari 485 Pemerintah Daerah di Indonesia yang menjadi peserta IGA, terdapat 14.897 inovasi Daerah. Dari puluhan ribu inovasi Daerah tersebut, Kementerian Dalam Negeri kemudian melakukan penilaian dan penyaringan. Sehingga akhirnya menetapkan 12 Pemerintah Kota sebagai Pemerintah Kota Terinovative di Indonesia untuk tahun 2020. Kota Tangerang Alhamdulillah akhirnya terpilih sebagai finalis Innovative Goverment Award.

Dengan keberhasilan ini, pada tanggal 5 November 2020, Walikota Tangerang telah melakukan presentasi dihadapan tim panelis yang terdiri dari Pakar Inovasi Indonesia dari berbagai Kementerian dan Perguruan Tinggi serta para profesional.

Diantaranya yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan lnovasi Nasional, Bappenas, Lembaga Administrasi Negara, Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia, Universitas Indonesia, Kamar Dagang dan lndustri Indonesia, Media dan UCLG - ASPAC.

WhatsApp Image 2020 11 18 at 08.14.31

Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah menyampaikan sejumlah program unggulan yang diusung oleh Pemkot Tangerang, sebagai upaya pemberian pelayanan paripurna kepada masyarakat Kota Tangerang.

"Dari 176 inovasi yang dilakukan Pemkot Tangerang, ada empat program pelayanan yang menjadi unggulan," ungkap Arief, Sabtu, 7 November 2020.

Pada sesi pemaparan program Innovative Government Award yang berlangsung secara daring tersebut, Arief menjabarkan keempat program unggulan yang diusung Pemkot Tangerang di antaranya Cageur Jasa, Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN), Aplikasi Tangerang Live dan Tangerang Live Room (TLR).

Kepala Bappeda Kota Tangerang Sugihharto Achmad Bagdja, menjelaskan bahwa Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara atau SIM ASN merupakan bentuk Inovasi tata kelola pemerintahan daerah yang menjadi inovasi unggulan Pemerintah Kota Tangerang.


SIM ASN merupakan inovasi dalam pengelolaan administrasi kepegawaian secara terpadu, dengan pemanfaatan data dan dokumen kepegawaian secara elektronik paperless, yang berhasil di integrasikan dengan sistem administrasi pelayanan kepegawaian (SPAK) BKN. Untuk mendukung akurasi data dan pelayanan kepegawaian nasional real time online.


SIM ASN menggunakan nomor induk kepegawaian sebagai singgle sign on. Sebagai login ke semua aplikasi manajemen pemerintahan di kota tangerang seperti e-absensi, e-office, e-planning, SIPKDI, SP3KTRA, SIEVLAP dan PORTAL EGOV. Tidak hanya ASN, untuk tenaga harian lepas dan P3K juga dapat menggunakan SIM-ASN Kota Tangerang.


SIM ASN berhasil mendukung administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien, seperti e-absensi, e-kinerja, e-skp, e-kenaikan pangkat, dan e-pengajuan izin dan tugas belajar. Dan pelaporan jumlah pegawai yang akurat terintegrasi dengan BKN.

Strategi yang dilakukan dalam pengembangan SIM ASN adalah penginputan dokumen kepegawaian serentak dengan PUPNS tahun 2015 dan saat ini SIM ASN terus dikembangkan secara berkelanjutan.


SIM ASN telah diapresiasi secara nasional melalui BKN Award di tahun 2018 dan 2019 dan menjadi sistem kepegawaian yang mudah dan sudah di replikasi oleh kabupaten/kota di Indonesia”, tutur Sugihharto Achmad Bagdja.(Adv).