Komunitas Mobil Salurkan Peralatan Medis

Komunitas Mobil Salurkan Peralatan Medis

Detakbanten.com Cilegon - Komunitas Auto Club Banten (ACB) sebagai salah satu paguyuban roda empat yang eksis di Banten melakukan upaya untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19 di Provinsi Banten.

Kali ini, ACB membagikan bantuan berupa perlengkapan kesehatan untuk membantu tenaga medis dalam menangani pandemi Covid-19 di 11 titik di antaranya dua Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona, tempat umum serta 5 puskesmas di Banten, serta RSUD Cilegon, Sabtu (4/4).

Humas ACB, Ubaidillah mengungkapkan, pandemi Corona harus dihadapi bersama, tidak terkecuali paguyuban otomotif harus memiliki kepedulian termasuk dalam pencegahan virus Corona yang meresahkan masyarakat.

“ACB akan senantiasa hadir di tengah kondisi masyakat Banten, serta turut berpatisipasi, salah satunya dalam bentuk donasi,” ujarnya. 

Ubaidillah menambahkan, pembagian donasi akan dilakukan di 11 titik tempat umun dan kesehatan diantaranya, RSUD Cilegon, RSUD Serang, RSUD Pandeglang, Terminal Merak, Tugu Cilegon, terminal Serang, Puskesmas Petir, Puskesmas Baros, Puskesmas Rangkas, Puskesmas Cikande dan masjid di Ciwaduk.

“Untuk pembagian sendiri dilakukan oleh Person In Charge (PIC) atau penanggung jawab di masing-masing wilayah, maksimal 2 orang dan tetap memperhatikan kesehatan dan jaga jarak sesuai imbauan dari pemerintah,” imbuhnya.

Ubaidillah berharap melalui donasi yang disalurakn oleh ACB dapat memberikan keringanan serta kemudahan masyarakat untuk beraktivitas di tengah merebahnya Covid-19.

“Semoga meringankan para tenaga medis di setiap daerah, serta keberadaan ACB dapat dirasakan baik oleh masyarakat di Banten,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Donasi ACB, Diana Ayu Farhah menuturkan, selama satu minggu ACB berhasil menghimpun dana sebanyak kurang lebih Rp 27 juta, dana tersebut digunakan untuk membantu tenaga medis khususnya peralatan medis seperti, masker, Alat Pelindung Diri (APD), sepatu boot, Face Shield, sarung tangan, dan hand sanitizer.

“Kami juga memberikan donasi untuk masyarakat yang kurang beruntung, serta bantuan berupa, masker, vitamin C, hand sanitizer, serta nasi boks bagi tukang becak dan ojek konvensional yang tidak bisa Work From Home (WFH) di tengah wabah covid-19,” jelas wanita berkerudung ini. 

Diana juga berpesan untuk anak muda Banten supaya terus berkarya dan peduli terhadap sesama.

"Buat temen-teman anak muda Banten teruslah semangat berkarya, salah satunya karya sosial dalam kemanusiaan," tambahnya.

Dibagian lain, Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Cilegon, dr Meisuri berterima kasih kepada para donatur yang sudah membantu. Karena saat ini alat-alat medis  tersebut sangat diperlukan bagi para tenaga kesehatan yang ada di RSUD Cilegon.  

"Alhamdullilah sangat membantu untuk tenaga-tenaga yang ada di rumah sakit karena memang sekarang kan artinya pasien-pasien Covid mulai meningkat di Cilegon. Karena APD itu ada yang bisa disterilkan ada yang tidak. Kebanyakan bantuan-bantuan ini kan tidak dapat di sterilkan, jadi berapapun yang kami terima akan terpakai dan itu sangat membantu sekali," ungkapnya. 

Kemudian kata dr Meisuri pihaknya telah menyiapkan tiga bed (tempat tidur) bagi pasien ODP (Orang Dalam Pengawasan).

"Sebenarnya di RSUD Cilegon tidak merawat untuk pasien-pasien PDP (Pasien Dalam Pengawasan) tetapi untuk pasien-pasien ODP (Orang Dalam Pengawasan) dengan penyakit yang memberatkan pasien ODP kita akan rawat. Ketika kita mendapatkan pasien-pasien ODP ataupun PDP nanti kalau sudah menjadi PDP kita rujuk ke rumah sakit Banten ataupun ke RSDP Serang. Tetapi untuk menunggu pasien itu mendapat rujukan kami siapkan tiga bed  ruangan isolasi," terangnya. (Man) 

Go to top