Print this page

Pemkot Cilegon Bagikan Wastafel Portable

Pemkot Cilegon Bagikan Wastafel Portable

detakbanten.com Cilegon - Pemkot Cilegon terus berupaya untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Cilegon.

Salah satunya dengan memberikan pengarahan dan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 bagi para pedagang pasar se-Kota Cilegon, Senin (6/4).

Pengarahan yang dihadiri oleh Wakil Walikota, Ratu Ati Marliati, beserta pejabat dan jajaran Forkopimda, dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota, sambil berjemur dibawah sinar matahari.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan, tim gugus tugas akan terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Cilegon.

“Salah satunya yaitu dengan menghimbau kepada para pedagang pasar yang berkontak dengan banyak orang sehingga kami kumpulkan disini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Edi menjelaskan terkait tata cara jual beli di pasar selama masa wabah Covid-19. Dimana pedagang dianjurkan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan para pembeli.

“Untuk pembayarannya bisa menggunakan keranjang kecil, agar tidak ada kontak secara langsung antara penjual dan pembeli demi mencegah penularan virus corona,” jelasnya.

Edi juga menghimbau kepada pedagang untuk mentaati edaran dan instruksi walikota dan disiplin, agar upaya pencegahan penyebaran Covid-19 berhasil.

“Kita sudah memberikan edaran-edaran terkait pasar, jam buka pasar sudah kita atur, juga minimarket juga kita berikan edarannya,” ujarnya.

Selain melakukan pengarahan, sebanyak 25 wastafel portable dibagikan untuk ditempatkan di pintu masuk pasar dan ruang terbuka publik.

“Agar masyarakat dapat selalu melakukan hidup bersih dengan gerakan cuci tangan pakai sabun, meminimalisir kemungkinan tertular virus covid-19,” tutur edi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, dr Arriadna mengatakan, saat ini ada tiga kasus pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Cilegon.

Masih kata dr Arriadna, setelah melakukan test, ketiganya dinyatakan negative Covid-19. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk disiplin dan mematuhi apa yang diperintahkan oleh Pemkot Cilegon.

“Untuk warga mohon disiplin dan ikuti edaran intruksi pemerintah, untuk jaga jarak dan tidak berkerumun, tetap di rumah, terapkan pola hidup sehat, cuci tangan pakai sabun, galakan germas, hal itu yang bisa menghindari kita terjangkit virus ini,” tandasnya. (man)