Sekda Pensiun, Ketua Dewan Minta Penggantinya Miliki Kemampuan Berkomunikasi 

Sekda Pensiun, Ketua Dewan Minta Penggantinya Miliki Kemampuan Berkomunikasi 

detakbanten.com Cilegon – Walikota Cilegon Edi Ariadi belum mengungkapkan nama Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon yang ditunjuk pemerintah daerah, mengisi jabatan sementara menyusul berakhirnya masa jabatan Sekda Cilegon Sari Suryati yang memasuki masa pensiun terhitung, Kamis (1/10/2020) besok.

Edi beralasan, Pemkot Cilegon perlu membahas siapa figur pengganti mengingat saat ini pemerintah daerah pun tengah melakukan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (open bidding), lelang jabatan untuk kursi ASN tertinggi tersebut. “Nanti ya, nanti juga diumumin. Akan kita rapatin dulu,” ujarnya singkat, Rabu (30/9/2020).

Kendati tak merinci kapan rapat pembahasan soal penunjukkan itu akan final, namun Edi memastikan bahwa hal tersebut tidak akan berdampak yang serius terhadap roda pemerintahan. “Perlu (dirapatkan-red) dulu atuh,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Cilegon Endang Efendi mengatakan bahwa figur yang pantas untuk menduduki jabatan Sekda Cilegon adalah sosok ASN yang tidak hanya mumpuni soal dunia pemerintahan semata.

“Yang jelas kelima peserta open bidding Sekda itu adalah orang yang mampu menjadi Sekda. Saya yakin mereka berkompeten soal ilmu pemerintahan maupun anggaran. Nah sosok Sekda tidak hanya itu, tapi juga harus memiliki kemampuan komunikasi karena dia adalah corong dan jembatan pemerintahan. Pribadi yang mampu menjelaskan program yang dapat diterjemahkan masyarakat, terutama kami di parlemen. Karena kan tidak semua Kepala OPD itu mampu menjelaskan,” katanya. 

Diungkapkan Endang, kemampuan komunikasi wajib dimiliki Sekda karena jabatan yang diembannya itu menjadi jembatan penghubung antar kepala daerah, unsur pemerintahan, legislatif, serta masyarakat.

"Harus bisa menjelaskan program, sehingga mudah dicerna dan dipahami baik oleh legislatif maupun masyarakat," jelasnya.

Endang mencontohkan, dalam proses penyusunan anggaran, ada fase dimana pemerintah membahas rencana anggaran itu dengan DPRD Kota Cilegon, pada kesempatan itu, Sekda harus bisa menjelaskan perencanaan tersebut dengan komunikasi yang baik sehingga bisa dapat difahami.

Endang pun berharap, Pansel bisa melihat hal tersebut sehingga menjadi bagian yang diperhatikan saat proses seleksi berlangsung.

Go to top