Presiden Bagikan Langsung KIP Bersama KKS dan KIS

Presiden Bagikan Langsung KIP Bersama KKS dan KIS

detaktangsel.comJakarta - Presiden Joko Widodo meluncurkan sekaligus membagikan secara simbolis paket kartu yang terdiri atas Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan sim card yang digunakan untuk mengakses simpanan keluarga sejahtera. Peluncuran tersebut dilakukan di Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta, Senin (3/11) dengan mengundang 100 kepala keluarga penerima program keluarga sejahtera.

Presiden mengatakan, untuk tahap awal ini kartu-kartu tersebut dibagikan kepada 1 juta kepala keluarga yang dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun 2014. Melalui program ini, setidaknya ada sekitar 15,5 juta masyarakat tidak mampu yang akan menerima manfaat setelah memiliki kartu berwarna merah, hijau, dan ungu tersebut. Saat ditanya mengenai warna kartu yang berbeda-beda, Presiden menjelaskan, tidak ada arti khusus. "Berwarna begini kan biar bagus, cantik," ujarnya santai di hadapan wartawan.

Presiden menegaskan, program ini merupakan sistem yang memudahkan masyarakat tidak mampu mengakses pendidikan dan kesehatan. Kartu yang sudah dimiliki dapat langsung digunakan dengan mengaktifkan dan meregistrasi sim card yang diberikan. Beberapa penerima bahkan terlihat langsung mengambil simpanan keluarga sejahtera yang besarnya Rp 400.000. "Untuk kebutuhan sehari-hari," kata Budi Rahmat (49), warga Kecamatan Pasar Baru yang sehari-hari berdagang ayam goreng di depan rumahnya.

Presiden menambahkan, pihaknya tidak berhenti hingga memberikan kartu kepada penerima, tetapi juga terus membenahi pelayanan di rumah sakit maupun di satuan pendidikan. "Yang jelas sekarang masyarakat mudah mengakses kesehatan dan pendidikan," Presiden menambahkan, ke depan jumlah penerima bisa jadi bertambah jika anggaran untuk kebutuhan ini juga meningkat. katanya.

 

 

Go to top