Print this page

Sosialisasi Penggunaan Internet Secara Bijak di Era Kebiasaan Baru

Sosialisasi Penggunaan Internet Secara Bijak di Era Kebiasaan Baru

Detakbanten.com, Tangsel - Dengan gaya hidup serba digital, seperti bekerja, berbelanja, rapat hingga sekolah pengguna internet di Indonesia terus melonjak. Membuat teknologi informasi menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dan tidak lagi mengenal usia, dari balita hingga dewasa.

Untuk memahami teknologi yang berkembang pesat merupakan tantangan yang tidak mudah. Pada saat ini sosial media dan internet sudah menjadi kebutuhan di masyarakat, oleh sebab itu perlu adanya edukasi bagi masyarakat untuk dapat mempergunakan internet secara bijak dan sehat, terutama bagi anak-anak dan remaja agar tidak terjerumus ke jalan yang salah.

PKM Penggunaan Internet 2

Hal inilah yang mendorong sekelompok mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang untuk melaksanakan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) guna melakukan sosialisasi Penggunaan Internet Secara Bijak di Era Kebiasaan Baru, dilaksanakan di Yayasan Al-Kamilah yang beralamat di Jln. Serua Raya No. 3, Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat pada hari Minggu (22/5/2022).

Rangkaian kegiatan dibuka dengan doa bersama dan sambutan dari ketua kelompok serta ketua yayasan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan mensosialisasikan mengenai teknologi internet dan media sosial yang penyampaian materinya dilakukan melalui metode power point.

PKM Penggunaan Internet 3

Internet sehat merupakan program yang bermula dari kepedulian komunitas TI terhadap citra Internet dimata masyarakat. Dimana di dalam program tersebut memberikan manfaat yang berarti dalam sebuah kehidupan baik dalam masyarakat ataupun pribadi. Adapula fungsi dari internet, antara lain :
- Sarana konektivitas dan komunikasi
- Akses informasi, pengetahuan dan edukasi
- Kemudahan bisnis
- Alamat dan pemetaan
- Sarana hiburan

Selama kegiatan berlangsung keadaan sangat kondusif, tim mahasiswa memberikan tanya jawab kepada para peserta. Tidak lupa pemberian doorprize sebagai apresiasi bagi anak-anak yang bersedia maju dan menjawab pertanyaan. Pada penghujung acara, dilakukan sesi foto bersama Dosen Pembimbing dan anak-anak Yayasan Al-Kamilah. Terakhir, kegiatan ditutup dengan doa kembali oleh salah satu anak yayasan.

“Dengan diadakannya kegiatan PMKM ini kami berharap agar semua ilmu dan pengalaman yang kami bagikan kepada anak-anak di Yayasan Al-Kamilah dapat memberikan manfaat serta pengetahuan yang lebih dalam berinternet.” Ungkap Febry selaku ketua PKM.

Penulis : Alfina Wahyu Kusumawardhani, Febry Nur Hafizah, Ragita Dwi Cahya, Rama Rosmawati
Dosen Pembimbing : Bapak Haryono S.H., M.M., M.H.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang