Lantik Sekda Baru, Bupati Serang Minta Perkuat Konsolidasi dan Koordinasi

Lantik Sekda Baru, Bupati Serang Minta Perkuat Konsolidasi dan Koordinasi

detakbanten.com Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah secara resmi melantik Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud, menggantikan Pjs Sekda Sebelumnya Agus Erwana di Pendopo Kabupaten Serang, Kamis (12/07/18). Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa,Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, Dandim 06 02 Serang Letkol Czi Harry Praptomo, dan Seluruh Kepala OPD Kabupaten Serang.

Tatu menjelaskan, Sekda memiliki posisi yang strategis untuk menjalankan kinerja Pemkab Serang termasuk menyelesaikan persoalan minimnya Sumber Daya Mansuia (SDM) di Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga, Sekda bisa meningkatkan kinerja untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). “ Sekda yang baru dilantik untuk segera melakukan konsolidasi dan membuat rencana kerja yang terukur agar mampu mengantisipasi perkembangan yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menilai, selain Entus mendapatkan nilai tertinggi saat seleksi Sekda, penetapan Entus Mahmud dipilih karena berpengalaman saat menduduki jabatan sebagai eselon II. Pasalnya, Sekda dibutuhkan pengalman yang matang untu mengkordinir seluruh OPD. “ Jabatan yang ditinggalkan Pa entus akan dilakukan pergeseran atau open bidding. Karena, posisi yang ditinggalkan cukup penting dan seluruh kepala OPD memiliki kesempatan untuk mengisi kekosongan tersebut,” imbuhnya.

Dia juga berharap, Sekda mampu menjaga komunikasi dengan mitra kerja pemerintah di DPRD dan Stakeholder terkait agar mencapai target RPJMD dapat diwujudkan dalam sisa waktu pelaksanaan. “Perkuat konsolidasi dan koordinasi dengan satuan kerja terkait dari horizontal maupun vertikal dalam mewujudkan masyarakat kabupaten serang yang sejahtera,” ujarnya saat memberikan sambutan

Sementara itu, Sekda Kabupaten Serang, Entus Mahmud mengatakan, tugas pertama yang akan dilakukannya melakukan koordinasi dengan Bupati untuk membuat perencanaan pekerjaan yang menjadi skala prioritas. ”Kita bangun komunikasi dengan ASN dan menata SDM yang sesuai dengan kompetensi untuk membangun daerah,” katanya.

Ia juga berencana, akan merumuskan persoalan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) dengan melakukan pendekatan komperhensif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. “Persoalan Puspemkab kita kaji secara mendalam dari sisi hukum, lingkungan dan sosial untuk kemajuan Pemkab Serang,” tuturnya.

 

 

Go to top