Print this page

Gerai Samsat di Tangcity Mall, Diresmikan Gubernur Banten

Gerai Samsat di Tangcity Mall, Diresmikan Gubernur Banten

detakbanten.com Kota Tangerang- Tahun 2019 Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten fokus pada pencapaian target Pendapatan Asli Daerah(PAD) dari sektor pajak Kendaraan bermotor.untuk itu Bapenda Provinsi Banten bersama UPT (Unit Pelaksana Teknis) Samsat Cikokol membuka gerai layanan Samsat di area Rame-rame Food Carnival, Lantai 2 Tangcity Mall, Kota Tangerang.

Pembukaan gerai samsat disalah satu mal terbesar di kota Tangerang tersebut adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.tujuanya agar masyarakat mendapat kemudahan dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Dalam grand opening Gerai Samsat digelar pada Kamis, 24 Januari 2019 yang dihadiri oleh Gubernur Banten Wahidin Halim,Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten Opar Sohari, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, serta Direktur Tangcity Mall Norman Eka Saputra.

"Target Bapenda tahun 2018 bisa terealisasi,dengan sistem jemput bola seperti ini.semoga target 2019 juga sesuai target yang ditetapkan," ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten Opar Sohari.

Dalam sambutannya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan,apresiasinya kepada Bapenda dan UPT Samsat Cikokol yang mempunyai inovasi dengan pola jemput bola.

"Saya mengapresiasi langkah Bapenda dan Samsat Cikokol yang terus mencari terobosan dalam pencapaian target Pendapatan Daerah. Ini merupakan inovasi dalam rangka memeberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayarkan pajak kendaraanya.cara ini sangat bagus, karena masyarakat yang berkunjung ke Mall ini,selain sambil berbelanja dan bermain,bisa sekalian bayar pajak," kata Gubernur.

Lebih lanjut Wahidin mengatakan, bahwa dengan dibukanya Gerai Samsat disini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.selain itu sekaligus sebagai cara mengedukasi masyarakat dalam membayar pajak untuk pembangunan Banten.

"Jangan hidup,makan sampai ke wc di Tangerang,tapi bayar pajak kendaraanya di Roxi Jakarta," ujar mantan walikota Tangerang dua periode itu dalam leluconya.

Gerai Samsat Tangcity Mall akan melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor atau mengurus pengesahan STNK mulai Senin sampai Sabtu pukul 10.00 - 17.00 WIB. Ada 5 (lima) personel yang bertugas yakni petugas Samsat atau Bapenda, Polda Metro Jaya, Jasa Raharja, dan Bank Banten dengan sistem administrasi yang terintegrasi secara online.

Pemilik kendaraan plat B yang berdomisili di Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel),cukup membawa berkas persyaratan untuk mengurus pembayaran pajaknya seperti KTP, STNK asli, SKPD asli, serta BPKB atau keterangan leasing.Jika sesuai prosedur,urusan pembayaran pajak bisa rampung dalam waktu 5 menit.

“Pembukaan gerai Samsat ini sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. karena Tangcity Mall memiliki lokasi strategis di tengah Kota Tangerang,sekaligus menjadi fasilitas penunjang bagi penghuni Apartement Skandinavia. Kebetulan Apartement tersebut baru mereka tempati sejak akhir tahun lalu,” ujar Direktur Tangcity Mall, Norman Eka Saputra.

Sebelumnya, Tangcity Mall mengawali tahun 2019 dengan meresmikan Gerai SIM bersama Polres Metro Tangerang Kota,tepatnya pada 8 Januari lalu.tujuanya adalah untuk melayani masyarakat yang berkunjung dan ingin melakukan perpanjangan SIM.

Sama seperti Gerai Samsat, proses perpanjangan SIM hanya membutuhkan waktu sebentar, dengan syarat membawa dokumen seperti: fotokopi KTP, SIM A atau C yang masih berlaku dan surat keterangan sehat dari dokter.