Meriahkan HUT Kota Tangerang, Kecamatan Ciledug Tampilkan Tradisi Bebesanan

Meriahkan HUT Kota Tangerang, Kecamatan Ciledug Tampilkan Tradisi Bebesanan

detakbanten.com CILEDUG -Bebesanan merupakan kebudayaan yang menjadi tradisi warga Betawi tempo doloe yang saat ini hampir punah. Prosesi besanan itu sendiri menurut warga betawi merupakan tradisi disaat anak laki-laki betawi melangsungkan pernikahan, dimana pihak keluarga pengantin laki-laki, mengarak calon pengantin sambil membawa barang bawaan untuk diserahkan kepada pihak keluarga mempelai wanita.

Delapan rombongan besan yang di pimpin oleh lurah masing-masing Kelurahan, mengarak calon pengantin laki-laki dan di terima oleh keluarga mempelai wanita yang sudah menunggu di stadion mini Sudimara Barat, Kecamatan  Ciledug Kota Tangerang. Prosesi tersebut merupakan seremonial Bebesanan yang di gelar oleh Kecamatan Ciledug dalam rangka menyemarakan HUT Kota Tangerang yang ke-26, Sabtu (26/1/2019).

Camat Ciledug H.A.Budi Wahyudi, AP, M.Si kepada wartawan mengatakan, acara ini Bertujuan untuk mengangkat kebudayaan betawi tempo doloe yang sudah mulai terlupakan karena terkikis oleh derasnya perkembangan zaman. Selain itu ia juga menyadari bahwa warga Kecamatan Ciledug merupakan warga yang sangat kental dengan budaya betawinya. Makanya kami mengangkat tema ini, selain ingin memperkenalkan tradisi ini kepada generasi muda milenial, juga ingin memberikan edukasi bahwa proses pernikahan saat ini tidak perlu menggunakan weeding organizer,cl cukup dengan kekompakan dan kegotong royongan keluarga dan tetangga di lingkungan, semuanya bisa kita laksaakan.

"Dalam acara bebesanan ini kami ingin memeperkenalkan tradisi kebudayaan betawi kepada kaum milenial, bahwa acara penikahan sekarang ini tidak perlu memakai jasa Weeding Organizer (WO). karena kalau apa-apa sudah menggunakan Event Organizer, kedepan Kebudayaan kita akan di tinggalkan," terangnya.

Ia menambahkan bahwa Kota Tangerang memiliki 13 Kecamatan  dan Kecamatan Ciledug merupakan Kecamatan di wilayah timur Kota Tangerang yang kental dengan kebudayaan betawinya.

"Sudah saatnya kita mengangkat derajat warga Ciledug dengan budayanya.makanya momentum  menyemarakan HUT Kota Tangerang ini kami gelar berbagai acara, tujuan adalah untuk menampung aspirasi warga. Kita bisa lihat bahwa warga Ciledug ini mempunyai potensi, sangat harmonis dan berbudaya." Ujarnya.

Selain pagelaran acara yang sifatnya mengangkat kebudayaan, dalam acara bebesanan ini pihaknya juga menyelenggarakan prosesi isbath nikah bagi pasangan yang sudah lama menikah, namun belum memiliki legalitas berupa surat nikah. Kegiatan itu diikuti oleh dua pasangan pengantin yaitu, Salahudin (45) - Rostati (52) dan Syamsul Badri (30) - Ade Safitri (27) dengan saksi Kapolsek Ciledug serta Danramil 05 Ciledug, Imbuhnya.

Sementara itu, Rina Hernaningsih Kepala Disbudpar Kota Tangerang mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian awal menyambut HUT Kota Tangerang yang ke-26. Pihaknya mengapresiasi kegiatan yang di gelar oleh Kecamatan Ciledug, karena upaya ini merupakan bagian daripada melestarikan budaya khas betawi yang ada di Ciledug.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini,karena ini adalah salah satu cara dalam melestarikan kebudayaan. Kebudayaan  betawi disini saya lihat sangat kental sekali. saya berharap Kecamatan lainnya akan bisa ikut menyemarakan HUT Kota Tangerang ini,dengan tema dan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.

 

 

Go to top