Musim Hujan Datang, Waspadai Penyakit DBD

Musim Hujan Datang, Waspadai Penyakit DBD
detakbanten.com SERANG - Dalam perubahan cuaca yang terjadi seperti sekarang ini, dari musim panas kemudian hujan, masyarakat Kota Serang dihimbau untuk waspadai penyakit deman berdarah (DBD).
Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M.Iqbal mengharapkan pada musim seperti ini di setiap rumah warga kota serang ada relawan Jumantik (juru pemantau jentik). 
 
"Kita harapkan disetiap rumah yang ada dikota serang ini mempunyai relawan yang dinamakan relawan Jumantik, Jadi kalau ada genangan air itu harus diupayakan tidak ada, kalaupun ada genangan air, pastikan disitu tidak ada jentik." Kata Iqbal di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Jum'at (15/11/2019).
 
Kemudian terang Iqbal, dalam lakukan pencegahannya tetap lakukan Menguras, Menutup dan Mengubur (3M), karna upaya itu yang paling efektif dilakukan guna lakukan pencegahan.
 
 "3M itu yang paling efektif dilakukan dirumah dalam halnpencegahan, tapi kalaupun sudah terlanjur terjadi, kita akan fokus untuk mrmbunuh nyamuk dewasamya dengan lakukan foging," terangnya.
 
Saat ini, Iqbal menerangkan, untuk data warga masyarakat yang terjangkit (DBD) ditahun 2019 ada kenaikan dari tahun sebelumnya, padahal, kemarin itu telah lama terjadi kekeringan.
 
"Memang disayangkan, padahal kemarin musim kering, namun penderita malah bertambah, Karna memang yang kita tau nyamuk itu tumbuh dan berkembang lantaran adanya air menggenang. Jadi walaupun musim kering, tapi bilamana terdapat air menggenang dan disitu ada jentik ya berkembanglah nyamuk ini, jadi ya itu tadi, " Tutupnya.

 

 

Go to top