Kelurahan Panggung Jati Lestarikan Kesenian Terbang Gede

Kelurahan Panggung Jati Lestarikan Kesenian Terbang Gede

Detakbanten.com, Kota Serang - Kelurahan Panggung Jati, Kecamatan Taktakan Kota Serang memiliki segudang kesenian, pasalnya kelurahan Panggung Jati mempunyai 7 Sanggar Kesenian dengan ciri khas Terbang Gede warisan leluhur.

Ketujuh sanggar kesenian tersebut yakni Albarokah, Al ikhlas, Pusaka Jati, An Nawawi, Darus salam, Wanda Banten dan Al Karomah. Sanggar kesenian tersebut sudah mempunyai jam terbang hingga tampil di daerah lain mewakili kota Serang.

Lurah Panggung Jati, H Jaenuri mengatakan, kesenian terbang gede merupakan asli Banten yang sudah turun temurun warisan leluhur dari nenek moyang. Namun sekarang karena mengikuti jaman, terbang gede berkolaborasi antara marawis, rampak bedug dan tarian.

"Terbang gede ini sudah mewakili kota Serang ke daerah lain, diantaranya Jogja, Bali, bahkan kesenian terbang gede sering tampil di event Kota Serang, seperti agustusan dan hajatan," ujar Jaenuri, saat ditemui, Kamis (4/6/2020).

Ia menjelaskan, kesenian terbang gede sempat hampir punah, namun akhirnya di pertahankan kembali di kelurahan Panggung Jati, dan kesenian terbang gede saat ini sudah generasi ke empat. Meski demikian pihaknya akan terus melestarikan dan mempertahankan kesenian terbang gede.

"Saya sebagai kepala kelurahan Panggung Jati mendukung sepenuhnya kesenian terbang gede, karena ini warisan leluhur kita. Bahkan sekarang saya sudah melatih anak anak SD untuk generasi selanjutnya," jelasnya.

Ia menilai, kelurahan panggung jati memiliki segudang kesenian, untuk itu, ia mengagas kelurahan Panggung Jati menjadi kampung Seni. Karena Panggung Jati banyak santri maupun kesenian yang lainnya.

"Saya menggagas Kelurahan Panggung Jati menjadi kampung Seni. Mudah mudahan Pemerintah Kota Serang mendukung Kelurahan Panggung Jati menjadi kampung seni. Karena saya ingin buat miniatur terbang gede, karena terbang gede jadi ikon kelurahan Panggung Jati bisa jadi juga jadi icon Kota Serang," tutupnya.

Go to top