Print this page

Harga Melambung, Pedagang Ayam Di Pasar Sentiong Mogok Berjualan

Harga Melambung, Pedagang Ayam Di Pasar Sentiong Mogok Berjualan
detakbanten.com BALARAJA - Puluhan pedagang ayam potong di pasar tradisional memilih mogok berjualan pada Selasa (09/06/2020), para pedagang tersebut beralasan karena harga ayam di pasaran melonjak naik dari harga pasaran, sementara pembeli dipasar tradisional tersebut enggan membeli ayam karena harganya mahal.
 
Pantauan dilapangan, para pedagang ayam tersebut mengaku akan terus melakukan aksi mogoknya sebelum harga ayam turun, pedagang pnu melampiaskan kekecewaanya dengan melempar keranjang ayam, sebagai bentuk protes kepada pemerintah.
 
"Kami meminta kepada pemerintah pusat dan daerah agar memperhatikan nasib pedagang kecil di pasar tradisional Sentiong ini," terang pedagam Ayam Suhandi alias Baslok.
 
Suhandi mengatakan, dengan tingginya harga beli dari peternak ayam, para pedagang jelas sulit menjual ke langganan, karena sebagian besar pelangganya menolak dinaikan, tingginya harga ayam terjadi sejak pertengahan bulan suci Ramadhan, saat ini kata Suhandi, harga beli dari ternak ayam 1 kg mencapai Rp 27 ribu, sementara pelanggan yang berbelanja ayam di pasar Sentiong hanya kuat membeli 1 kg hanya Rp 25 ribu.
 
"Boro-boro pedagang ayam mendapatkan untung, untuk mengembalikan modal saja pun tidak tercapai,"terang Suhandi.
 
Hal senada dikatakan pedagang ayam lainnya Jaro Ibahim, menurutnya para pedagang ayam di pasar Sentiong sudah sepakat untuk tidak berjualan sementara waktu, jika para pedagang melanggar kesepakatan, maka akan dikenakan sanksi dengan membayar denda sebesa Rp 75 juta, sesuai dengan surat pernyataan yang disepakati dengan ditandatangani diatas materai.
 
"Surat kesepakatan ini hanya untuk internal pedagang aja, agar ada kekompakan diantara pedagang,"tandasnya.
 
Sementara direktur operasional PD Pasar Niaga Kertaraharja H Bunyamin mengatakan, melambungnya harga ayam potong dipasaran dikarenakan minimnya jumlah pasokan ayam dari peternakan, dia berharap dalam waktu dekat akan ada penurunan harga agara daya beli masyarakat meningkat.
 
"Kami akan secepatnya berkoordinasi denm dias peternakan, agar kenaikan harga ayam bisa ditekan," tandasnya.