Print this page

Gareth Southgate Menyerukan Hentikan Privilese Kulit Putih Di Sepakbola

Gareth Southgate Menyerukan Hentikan Privilese Kulit Putih Di Sepakbola
detakbanten.com BOLA - Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate menginginkan agar sepakbola bisa terbebas dari masalah privilase orang kulit putih. Mantan manajer Middlesbrough ini mengaku menyaksikan terhambatnya karier para pelatih berkulit hitam dan ingin agar situasi ini berubah.
 
Seiring dengan menyebarnya aksi antirasisme di seluruh dunia setelah kematian pria Minneapolis berkulit hitam, George Floyd, kini diskriminasi rasial dalam dunia sepakbola giliran jadi sorotan.
 
Selain Southgate, Raheem Sterling juga ikut menyuarakan tentang masalah rasisme, bintang Manchester City itu menilai bahwa rasisme adalah isu paling penting yang dihadapi masyarakat saat ini. Sterling meyakini, eks bintang Inggris, Sol Campbell dan Ashley Cole, mendapat hambatan lebih besar saat merintis kariernya sebagai pelatih ketimbang rekan seangkatan mereka yang berkulit putih, Frank Lampard dan Steven Gerrard.
 
Southgate meyakini, karier yang terhalang di dunia sepakbola hanya karena seseorang berkulit hitam adalah ‘kejahatan terbesar’. Ia menyerukan adanya kesempatan yang setara untuk semua orang.
 
Dilansir dari laman Goal, Southgate mengatakan “Saya pikir Ashley Cole berkembang sangat baik dan sejalur dengan apa yang Steven GErrard lakukan. Steven juga bekerja di akademi Liverpool selama beberapa tahun.”
 
“Pada skala yang lebih luas, kita tidak memiliki representasi itu [orang kulit hitam sebagai pelatih]. Kejahatan terbesar adalah ketika kehidupan generasi muda tak bisa mencapai cita-cita tertentu karena mereka tidak mendapatkan kesempatan yang setara.”
 
“Saya mendengar Jermain Defoe mengeluhkan hal serupa beberapa hari yang lalu. Kita harus mencegah seseorang untuk berpikir bahwa mereka tidak bisa mencapai sesuatu, karena itu membuat mereka berhenti untuk berusaha.”
 
“Kita harus memastikan selalu ada peluang bagi seseorang yang memang punya kualitas dan mampu. Tentu saja, mereka kemudian tetap menangkap peluang itu. Jika mereka melakukannya dengan baik, mereka akan menjadi contoh untuk generasi berikutnya bahwa cita-cita tersebut bisa diraih.”
 
Southgate masuk ke dunia kepelatihan ketika menukangi Middlesbrough tahun 2006. Sebelumnya, ia menjalani kariernya sebagai pemain di Boro, Aston Villa, Crystal Palace, dan juga sukses mencatatkan 54 caps untuk Inggris. (hfz)