Anggaran Terbatas, Pemeriksaan Rapid Test di Kabupaten Serang Dapat Bantuan Dari Provinsi

Anggaran Terbatas, Pemeriksaan Rapid Test di Kabupaten Serang Dapat Bantuan Dari Provinsi
detakbanten.com, SERANG - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Serang menyediakan alat Rapid test dengan total sebanyak 10161. Dari jumlah tersebut alat rapid test mendapat bantuan dari Dinkes Provinsi Banten.
 
"Dengan keterbatasan anggaran Pemkab Serang hanya menyediakan 2 ribu  alat rapid test. Karena kebanyakan alat rapid kami mendapatkan bantuan alat rapid test dari Provinsi. Bantuan dari Provinsi sudah 2 kali," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Drg. Agus Sukmayadi, saat ditemui, Rabu (1/7/2020).
 
Ia mengatakan, dengan keterbatasan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Serang berjumlah Rp 2,4 Miliar tidak hanya alat rapid test. Akan tetapi anggaran tersebut meliputi juga APD dan alat kesehatan.
 
"Alhamdulilah tahap pertama sudah selesai sesuai arahan ibu bupati per 30 mei kemarin. Mudah mudahan di tahap kedua nanti kita ajukan kembali alat rapid test," tuturnya.
 
Sedangkan untuk harga Alat rapid test, lanjut Agus, sebelumnya melonjok tinggi per stik mencapai Rp 300 hingga Rp 400 ribu. Namun sekarang sudah kembali normal dengan harga Rp 250 ribu perstik.
 
"Mudah mudahan harga alat rapid test sudah kembali normal, karena kami tidak ada lagi pengadaan. Karena pengadaan sudah selesai pada bulan Mei,'' jelasnya.
 
Diketahui, dari jumlah 10 ribu alat rapid test, Dinkes Kabupaten Serang sudah melakukan pemeriksaan rapid test di 29 kecamatan secara massal.  Pemeriksaan Rapid test dibantu oleh Dinas kesehatan Provinsi Banten.
Go to top