HUT Kota Serang ke 13, Syafrudin : Tatanan Hidup Baru Menuju Kota Serang Yang Berdaya dan Berbudaya

HUT Kota Serang ke 13, Syafrudin : Tatanan Hidup Baru Menuju Kota Serang Yang Berdaya dan Berbudaya

detakbanten.com KOTA SERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang beserta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang melakukan Rapat Paripurna memperingati hari jadi ke-13 Kota Serang tahun 2020 di gedung Paripurna DPRD Kota Serang. Senin (10/8/2020).

 
Walikota Serang Syafrudin menyampaikan beberapa capaian yang sudah diraih Kota Serang di usia ke-13 tahun. Beberapa capaian itu sangat membanggakan di usia yang terbilang masih sangat muda.
 
Beberapa capaian itu diantaranya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebanyak tiga kali berturut-turut sejak tahun 2017, diraihnya Kota Layak Anak (KLA) sebanyak dua kali dan penghargaan untuk penyelenggaraan kota sehat.
 
"Pada awal terbentuknya Kota Serang sebagai daerah otonom, hanya memiliki APBD Rp 10 miliar pada tahun 2007. Namun, dalam perjalanan dan perkembangannya hingga saat ini sudah mencapai Rp 1,431 triliun," kata Syafrudin.
 
Kemudian, dari sisi kesehatan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI) dan gizi buruk terus mengalami penurunan. Fasilitas kesehatan terus berkembang baik dengan satu rumah sakit dan 16 puskesmas yang 7 diantaranya menerima rawat inap.
 
Dari sisi investasi, lanjut dia, ditahun 2009 iklim investasi hanya Rp 3,2, triliun dan pada tahun 2019 mencapai Rp 6,4 triliun.
 
Kemudian, ia berharap, pada peringatan hari jadi Kota Serang ke-13 yang mengangkat tema 'Melalui hari jadi Kota Serang kita tingkatkan kewasapdaan Covid-19 dengan tatanan hidup baru menuju Kota Serang yang berdaya dan berbudaya', masyarakat bisa tetap produktif dan sehat dengan segala keterbatasan.
 
"Di hari jadi Kota Serang pada tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilaksanakan dengan sangat sederhana di tengah wabah Covid 19 ini," ujarnya.
 
Mewakili Gubernur Banten, Asisten Daerah (Asda) III Provinsi Banten Syamsir Alam menyampaikan, sebagai Ibukota Provinsi Banten, Kota Serang merupakan penyangga dan memiliki wilayah yang sangat strategis. Sehingga diharapkan Pemkot Serang terus meningkatkan sarana dan prasarana di Kota Serang.
 
"Pemprov Banten telah mengusulkan infrastruktur strategis di Kota Serang ke pemerintaj pusat, salah satunya pembangunan fly over di Jalan Jenderal Sudirman," katanya.
 
Kemudian, ujar dia, Pemprov Banten juga sudah merancang pintu masuk baru Kota Serang yang sebelumnya di Gerbang Tol Serang Timur bergeser ke kawasan Kota Serang Baru (KSB).
 
"Pemprov Banyen telah merancang pintu masuk Kota Serang dari Serang Timur ke Kota Serang Baru (KSB) di kawasan Bogeg," ujarnya. 

bimo rental

Go to top