Print this page

Sah, KPU Cilegon Tetapkan Empat Pasangan Calon

Sah, KPU Cilegon Tetapkan Empat Pasangan Calon

detakbanten.com Cilegon -  KPU Cilegon resmi tetapkan empat pasangan calon (Paslon) peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Tahun 2020 di Aula KPU Cilegon, Rabu (23/9/2020).

Hal tersebut berdasarkan hasil keputusan rapat pleno yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU Kota Cilegon, Nomor: 83/HK.03.1-Kpt/3672/KPU-Kot/IX/2020, tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Tahun 2020.

Berita acara dan SK penetapan tersebut diserahkan oleh Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi kepada Liaison Officer (LO) dari masing-masing paslon.

Pasangan yang telah ditetapkan KPU untuk maju dalam kontestasi Pilkada Cilegon 2020 yakni, Ratu Ati Marliati-Sokhidin (Golkar, Gerindra, NasDem, PKB), Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta Berkarya dan PKS), Iye Iman Rohiman-Awab (PAN, PPP, Demokrat), dan Ali Mujahidin-Firman Mutakin (jalur perseorangan).

“Semua bakal pasangan calon kita tetapkan sebagai pasangan calon,” kata Komisioner KPU Cilegon, Eli Jumaeli usai penetapan, Rabu (23/9/2020).

Kepala Divisi Pencalonan KPU Cilegon itu juga mengatakan, penetapan tersebut berdasarkan berita acara hasil penelitian keabsahan dokumen untuk syarat pencalonan dan syarat calon.

Kemudian berdasarkan hasil berita acara penelitian perbaikan, serta hasil penelitian KWK dan penelitian perbaikan KWK, dimana semua paslon dinyatakan memenuhi syarat.

Setelah penetapan calon tersebut, lanjut Eli, setiap paslon diwajibkan untuk membuka rekening dana kampanye sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Kemudian sesuai dengan ketentuan, kita akan berikan surat pengantar untuk membuka rekening khusus dana kampanye, paling lambat sampai 24 September 2020, nanti itu akan di input dalam sistem,” tuturnya.

Sementara, untuk pengundian nomor urut pasangan calon peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cilegon akan dilaksanakan KPU pada 24 September 2020.

"Selanjutnya, sesuai dengan tahapan kegiatan besok itu adalah rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon wali kota dan wakil wali kota akan kita laksanakan di Hotel Royal Krakatau," kata dia.

Salah satu LO pasangan Helldy Sanuji, Muchlis Sulistyo mengaku bahagia pasca sudah ditetapkannya pasangan tersebut menjadi calon oleh kpu.

"Alhamdulillah, sudah ada penetapan oleh KPU pasangan calon Helldy Sanuji untuk Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Cilegon tahun 2020. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan RidhoNya untuk Perjuangan membangun Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat," tandasnya. (man)