Kasus Covid 19 Terus Meningkat, Kota Serang Siapkan 5 Rumah Sakit Rujukan

Kasus Covid 19 Terus Meningkat, Kota Serang Siapkan 5 Rumah Sakit Rujukan

detakbanten.com SERANG - Kasus Covit 19 terus meningkat, Pemkot Serang siapkan 5 rumah sakit Rujukan untuk Pasien Corona yang ada di Kota Serang, dari kelima Rumah Sakit tersebut diantaranya, RSUD Kota Serang, Sari Asih, Rumah Sakit DKT, Rumah Sakit Bayangkara, Rumah Budi Asih.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Serang Hikmat Sumantri menjelaskan, hal ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid 19 yang ada di Kota Serang.

"Jadi kita sudah dari bulan kemaren untuk menghadapi covid ini, kita mempersiapkan 5 rumah sakit rujukan yang ada di Kota Serang, karna tidak cukup juga hanya dua rumah sakit yang menjadi rujukan pasien covit yang di tunjuk oleh gubernur yaitu RSUD banten dan RSDP serang saja," kata Hikmat,Kamis, 01/09/2020.

Dan Kelima Runah Sakit ini, terang Hikmat, sudah menyatkana siap membantu sebagai rumah sakit penyanggah jika RSUD Banten Penuh, dan RSDP Serang juga penuh harus bisa menampung dan menerima pasien pasien covid.

"Karna kita tidak tau nih jumlah pasien covid ini sampai kapan kan, yang kita khawatirkan itu pasien covid banyak tetapi pelayanannya kurang, sehingga banyak pasien yang terlantar, ini kita takutkan, jika terlantarkan berarti mendekati satu keburukan kan yah," ungkapnya.

Hikmat juga menerangkan, jika untuk kesiapannya, semua telah dirembukan, pihaknya dalam hal ini Dinkes Kota Serang telah mengundang semua pihak pihak rumah sakit terkait untuk.membahas masalah kesiapan, dan.mereka telah siap sesuai kemampuan, karna Tren Covit ini sudah naik di Kota Serang, jadi diharapkan semaksimal mungkin kesiapan dari lima rumah sakit tersebut.

"Kesiapan dari bed mereka yang siap berapa, mereka punya ventilator berapa,ICU semua berapa, jadi mereka berbenah sendiri, kita inginkan semasimal mungkinlah,"terangnya.

Hikmat menuturkan, dalam masa pandemi saat ini, walaupun Rumah Sakit Umum juga harus menangani pasien Covit, pihaknya meyakini semua sudah sesuai dengan aturan Kemenkes sudah ada alur alurnya masing masing.
"Kalaupun rumah sakit umum itu melayani juga pasien corona, tapi tetap aman untuk pasien umum, dan itu sudah sesuai presedur, jadi ada semacam alur pelayanannya, sudah diterapkan, dan itu sudah aturan dari kemenkes." Tandasnya.

 

 

Go to top