Sekjen DPP Lapbas Banten : Tradisi Keceran Harus Dilestarikan

Sekjen DPP Lapbas Banten : Tradisi Keceran Harus Dilestarikan

Detakbanten.com, SERANG - Keceran Mulud adalah tradisi tahunan bagi para jawara silat, khususnya di kalangan pendekar silat yang ritualnya berbalut nilai spiritual.

Keceran merupakan ritual tradisi yang bertujuan membersihkan mata lahir dan batin dengan meneteskan air ramuan ke mata para pesilat disertai doa-doa.

Sebab itu, DPP Laskar Pendekar Banten Sejati (Lapbas) Banten akan mengadakan ritual keceran yang akan dilaksanakan pada Sabtu 7 November 2020 bertempat di Kantor DPD Lapbas Banten.

"Keceran ini tujuannya untuk ajang silaturahmi. Keceran ini juga satu tradisi pendekar pada bulan Maulud. Kita harus lestarikan tradisi keceran ini," ujar Sekjen DPP Lapbas Banten H. Sunjana, saat ditemui dikantor Lapbas Banten, Rabu (4/11/2020).

Meski baru pertama di adakan, kata Sunjana, namun tradisi keceran sebelumnya sudah diadakan di tiap-tiap daerah seperti di Ciomas.

"Kedepan budaya tradisi keceran ini akan dilestarikan. Nanti kita akan rutin tradisi keceran setiap bulan Maulud nabi Muhammad SAW," ucapnya.(Aden)

 

 

Go to top