Tekan Laju Pertumbuhan, Pelayanan KB di Masa Pandemi Terus Berjalan

Tekan Laju Pertumbuhan, Pelayanan KB di Masa Pandemi Terus Berjalan

Detakbanten.com, Kota Serang - Pelayanan Keluarga Berencana (KB) di Kota Serang selama masa pandemi covid 19 tetap dijalankan. Hal itupun dilakukan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di kota Serang.

Namun di masa pandemi covid 19 ini, pelayanan KB menerapkan
protokol kesehatan covid 19 dengan membatasi peserta, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun.

"Kita jemput bola, bawa bis pelayanan KB. Dan juga melayani di pratek bidan mandiri, kita tiap bulan ada jadwal di 6 kecamatan di wilayah kota Serang," ujar Kasi jaminan Pelayanan KB Dinas Pemberdayaan Perempuan Peelindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang, Sri Purnami, Senin (16/11/2020).

Ia mengatakan, pelayanan KB dengan jemput bola dikhususkan pelayanan Metode Jangka Panjang seperti Implan dan IUD. Dengan mengerahkan Penyuluh KB seperti kader posyandu dan pos KB.

Meski demikian, pelayanan Metode jangka Panjang seperti KB Implan dan IUD, tidak memaksa kepada masyarakat yang ingin KB Implan dan IUD.

"Jadi kita tidak memaksa harus dua anak, namun Masyarakat memilih mau KB apa, nanti masyarakat diberikan penyuluhan kontrasepti. Dan juga ada persetujuan dan tanda tangan dari suami," jelasnya.(Aden)

 

 

Go to top