LSM Getar Laporkan Kades Saga ke Kejati Banten

Ilustrasi Alokasi Dana Desa (ADD). Ilustrasi Alokasi Dana Desa (ADD). Dayat
detakbanten.com KAB. TANGERANG - LSM Getar Kabupaten melaporkan Kepala Desa Saga, Balaraja, Kabupaten Tangerang Muhamad Hendra ke Kejaksaan Tinggi Banten. LSM tersebut menduga kades  menyelewengkan alokasi dana desa (ADD).  
Ketua LSM Getar Kabupaten Tangerang Asep Supriatna mengatakan, berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan, Kades Saga Muhamad Hendra diduga melakukan penyelewengan dana desa tahun 2017 pada termin pertama. "Kami sudah laporkan secara resmi kepada kejati pada hari ini atas dugaan penyimpangan ADD ke Kejaksaan Tinggi Banten,” kata Asep pada Rabu, (25/10/2017).

Asep menambahkan ada beberapa dugaan kejanggalan terkait proses pencairan dana desa tahap I yang terjadi sekitar bulan juni yang mana proses pencairan dana desa tersebut senilai Rp.300 juta diduga tidak diketahui oleh bendahara keuangan desa akan tetapi dana tersebut bisa cair.

"Menurut keterangan dari bendahara keuangan desa saga, bendahara tersebut merasa tidak pernah melakukan tanda tangan pencairan karena dari pengakuan bendahara proses pencairan di Bank tidak dilibatkan akan tetapi anggaran dana desa itu bisa dicairkan," ujarnya.

Kami menduga dalam proses pencairan anggaran ada kejanggalan dikarenakan selang empat hari sejak uang tersebut dicairkan dari Bank, bendahara desa langsung mengundurkan diri. Selain itu kata Asep, dua judul kegiatan fisik tahun 2017, pada tahap pertama tidak dilaksanakan. “Kenapa uang itu bisa cair. Sedangkan bendahara desa tidak pernah melakukan tanda tangan proses pencairan,” tandasnya.

Sementara Kades Saga Muhammad Hendra hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi. 

Tempat terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa ( DPMPD) Kabupaten Tangerang Banteng Indarto mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan pihaknya. Salahsatunya, pembinaan, dan monitoring langsung ke desa-desa. "Kami sudah berusaha menghindari terjadinya penyimpangan ke desa desa di Kabupaten Tangerang," tandasnya. 

 

 

Go to top