Print this page

Rakor Dengan IUWASH, Bapeda Akan Gelar Closing Even Lima Tahunan

Rakor Dengan IUWASH, Bapeda Akan Gelar Closing Even Lima Tahunan

Detakbanten.com-- Pemerintah Kabupaten Tangerang, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tangerang, pada Kamis (19/8/2021), menggelar rapat koordinasi (Rakor), persiapan Closing Program IUWASH Plus.

Rakor tersebut digelar di Ruang Rapat Sinergi Gedung Bappeda Kabupaten Tangerang, dengan menggunakan Zoom Meeting atau Video Conference (Vidcon). Rapat koordinasi tersebut dihadiri Kepala Sub Bagian Perencanaan Pada Sekretariat Bappeda, Effie Tristinawati, Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah, Erwin Mawandy, Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya, Sri Indriastuti Widyaningsih, dan para perangkat daerah terkait lainnya. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Program yang telah berjalan selama lima tahun belakangan itu telah memberikan bantuan teknis kepada instansi pemerintah terkait dan masyarakat Kabupaten Tangerang. Bantuan tersebut berupa dukungan demi tercapainya target akses universal dan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPBS/SDGs) 2030.

"Kerjasama ini (dengan IUWASH Plus) sudah terlaksana selama 5 tahun, Pemkab Tangerang juga sudah mendapatkan banyak pendampingan, pengetahuan dan pengalaman," kata Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Erwin Mawandy.

Ia menambahkan bahwa pada closing event yang akan diselenggarakan pada hari Selasa (31/8), pemerintah Kabupaten Tangerang akan mendeklarasikan Desa yang sudah terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

"Pada momen itu (closing event) Pak Bupati (Ahmed Zaki Iskandar) juga akan mendeklarasikan bahwa seluruh Desa dan Kelurahan di Kabupaten Tangerang pada tahun 2025, diharapkan bisa terbebas dari perilaku BABS," katanya.

Dengan closing event tersebut diharapkan pula bahwa apa yg sudah didampingi dan diberikan oleh IUWASH Plus bisa diteruskan oleh Pemkab dalam bentuk kebijakan, program, dan kegiatan yang akan memperkuat sektor sanitasi dan air minum.

"Dimomen tersebut kita juga akan me-launching peraturan bupati tentang pembiayaan sanitasi yg konteksnya untuk mempercepat akses air minum dan sanitasi di wilayah kabupaten Tangerang," jelasnya

Ditempat yang sama, Behavior Change Communication and Marketing Specialist USAID IUWASH PLUS, Usniati Umayah mengatakan di hari ini USAID IUWASH Plus telah melakukan diskusi terkait dengan perencanaan persiapan closing program yang di laksanakan IUWASH Plus bersama dengan Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Tangerang.

"Kami baru saja selesai melakukan diskusi untuk rencana closing program IUWASH Plus yang akan di adakan di bulan Agustus, mengingat program kami akan segera berakhir di bulan September nanti," ucap Usniati.

Ia menambahkan, diadakannya closing event tersebut bertujuan untuk menginformasikan dan berbagi pengalaman (hasil good pratices challenges) program wash di Kabupaten Tangerang, serta serah terima pendampingan USAID IUWASH plus kepada Bupati Tangerang dalam bentuk simbolik dokumentasi laporan.