Target Tercapai, Komisi III DPRD Apresiasi Perumda PDAM TKR

Target Tercapai, Komisi III DPRD Apresiasi Perumda PDAM TKR

Detakbanten.com, TANGERANG -- Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tangerang mengapresiasi kinerja Perumdam Perumda TKR, hal tersebut dikarenakan selama ini perusahaan daerah air minum ini selalu mencapai target retribusi kepada Pemkab Tangerang.

"Pada tahun 2021 saja target retribusi Pertumdam PDAM TKR tercapainya dengan baik," terang Supardi saat dihubungi.

Pada tahun 2022 kata Supardi, target Perumda PDAM TKR sebesar Rp 22.9 miliar setahun, dia berharap agar pada tahun 2022 ini, pendapatan daerah dari sektor perusahaan air minum kembali tercapai, tentunya dia menyarankan agar Perumdam PDAM TKR harus terus melakukan inovasi dan terobosan.

"Jangan sampai terlena dengan apa yang telah diraih saat ini, terus lakukan inovasi dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Tangerang," terang Supardi.

Politisi PDI Perjuangan asal Kronjo ini juga mengatakan bahwa target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023 sebanyak 60 persen dari 3,7 jiwa penduduk kabupaten Tangerang yang harus menikmati air bersih pada 2023 mendatang.

"Kami berharap agar pasokan air bersih harus merata untuk semua wilayah, baik Selatan, Utara, Tengah dan Barat,"terangnya.

Sementara itu Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Safar mengatakan, saat ini seluruh pegawai Perumdam TKR tengah mengejar target pemasangan 144 ribu saluran langsung air bersih hingga 2023 mendatang. Berbagai terobosan telah dilakukan dengan meliputi pemasangan sambungan air bersih di wilayah utara sebanyak 9.745 sambungan. Tahap awal sambungan langsung air bersih difokuskan di 8 desa di kecamatan Teluknaga, Pakuhaji dan Kosambi yaitu Desa Kebon Cau, Babakan Asem, Babusalam, Kampung Melayu, Blimbing, Salembaran, Tegal Angus dan Cituis.

Pasokan air bersih warga pantura Tangerang ini disalurkan melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) Teluknaga dengan kapasitas 200 liter/detik yang mampu melayani 20 ribu sambungan pelanggan. Adapun investasi yang disiapkan untuk infrastruktur jaringan air bersih di Pantura Tangerang, Perumdam TKR menggelontorkan dana sebesar Rp 57 miliar. “Investasinya Rp5,9 juta per SL-nya (sambungan langsung),” kata Sofyan.

Langkah lainnya untuk mengejar target warga terlayani air bersih adalah mengakuisisi 25 ribu pelanggan air bersih yang selama ini dikelola pengembang perumahan di kawasan Gading Serpong di kecamatan Kelapa Dua dan Pagedangan, mengincar 33 ribu pelanggan di pengembangan jaringan air bersih di kecamatan Curug dan Legok dan 7.000 sambungan di kecamatan Tigaraksa.”Kondisi saat ini di Tigaraksa, 280 terpasang, yang sudah daftar 6.700,” kata Sofyan

Adapun target lainnya, kata Sofyan, adalah pengembangan jaringan air bersih di kecamatan Rajeg, sebagian wilayah Tigaraksa, Cisoka dan Solear.

Go to top