Detak Banten - Berita Pendidikan

Jepang Jadi Negara ke 5 yang Sukses Mendarat di Bulan

detakbanten.com PENDIDIKAN -- Jepang baru saja menyelesaikan pendaratan di Bulan, menjadikannya negara kelima yang berhasil mencapai prestasi ini setelah Amerika Serikat, Rusia, China, dan India. Ini merupakan bagian dari gelombang eksplorasi luar angkasa yang semakin meluas, dengan lebih dari 100 misi ke Bulan diperkirakan akan dilaksanakan pada tahun 2030, menurut Badan Antariksa Eropa.

7 Peradaban Kuno Zaman Dulu, Sejarah Inovasi Canggih Kuno

detakbanten.com PENDIDIKAN -- Beberapa peradaban kuno yang telah memengaruhi kehidupan di masa lalu, masa kini, dan mungkin juga memengaruhi masa depan. Sejarah dunia mencatat bahwa peradaban kuno seperti Maya dan Romawi telah berkembang sejak ribuan tahun lalu lamanya. Tetapi, hingga sampai saat ini kita masih dapat melihat jejak masyarakat canggih tersebut.

Getty Images

Akademi Raja Salman Luncurkan Bulan Bahasa Arab di Indonesia

detakbanten.com PENDIDIKAN - Akademi Global Raja Salman untuk Bahasa Asing atau lebih dikenal dengan King Salman Global Academy for Arabic Language (KSAA) pada Minggu (7/1/2024) mengumumkan bahwa akan meluncurkan Bulan Bahasa Arab di Indonesia. Kegiatan selama empat pekan itu akan berlangsung sampai 2 Februari yang akan datang.

Pahami Perbedaan S1, S2 dan S3

detakbanten.com PENDIDIKAN -- Pendidikan tinggi di tingkat sarjana memiliki struktur yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu S1, S2, dan S3. Meskipun sering dianggap sebagai tingkatan biasa, sebenarnya ketiganya memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda, dan pemahaman terhadap perbedaan ini sangat penting untuk merencanakan karir dan pengembangan pendidikan yang sesuai.

ilustrasi sekolah Wikimedia Commons

Jadwal dan Syarat-syarat Pendaftaran SNPMB 2024

detakbanten.com PENDIDIKAN - Pendaftaran akun Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 akan segera dimulai pada tanggal 8 Januari mendatang. Tahapan ini wajib dilakukan oleh instansi pendidikan.

10 Prodi Paling Sepi Peminat di IPB University, Pilihan untuk SNBP Tahun 2024

Detakbanten.com PENDIDIKAN - Jika kalian para sobat kampus ingin masuk IPB University melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 sebaiknya cek prodi sepi peminat untuk memperbesar peluang nya lolos. Secara umum, persaingan masuk IPB University itu memang sangat tinggi, tapi adapun sejumlah program studi (prodi) yang peminatnya relatif sepi dibandingkan prodi lainnya.

Daftar 11 SMA Terbaik di Kota Tangerang Selatan Tahun 2024 Berdasarkan Nilai UTBK

detakbanten.com PENDIDIKAN - Daftar 11 SMA terbaik di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang bisa dijadikan referensi mendaftar 2024. Kalian para siswa dan siswi yang telah lulus dari bangku SMP tidak perlu kebingungan untuk mencari Sekolah di Kota Tangerang Selatan.

Indonesia Raih Prestasi Memukau di Asia Open Memory Championship 2023

detakbanten.com PENDIDIKAN -- Pada ajang Asia Open Memory Championship (AOMC) 2023 di De Lasalle University, Filipina, Indonesia meraih dua gelar prestisius sebagai Grandmaster of Memory. Keberhasilan ini merupakan bagian dari Mind Sports Competition 2023 yang berlangsung sejak awal tahun hingga puncaknya di bulan Desember, di mana para juara akan memamerkan kemampuan daya ingat mereka di depan umum.

Siswa SMK di Purwakarta Ciptakan Alat Pendeteksi Longsor

Siswa SMK di Purwakarta Ciptakan Alat Pendeteksi Longsor

detakbanten.com PENDIDIKAN -- Tiga siswa SMK Negeri Campaka di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah menciptakan inovasi luar biasa berupa alat pendeteksi longsor yang diberi nama "Alarm Tanah Longsor (ATL) Necam." Cahyana, Arya Saputra, dan Yosep Sopian, ketiganya adalah siswa kelas sebelas yang telah berhasil menghadirkan solusi sederhana namun sangat efektif untuk memberikan peringatan dini terkait bahaya longsor.

Guru SMP Negeri Wini Mengajar dengan Semangat Meski Tanpa Gaji dan Fasilitas Memadai

detakbanten.com PENDIDIKAN -- Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi saksi bisu perjuangan para guru di SMP Negeri Wini. Meskipun penuh semangat mengajarkan ilmu kepada anak-anak, para guru di sana harus menghadapi kenyataan sulit, yaitu belum mendapatkan gaji dan terbatasnya fasilitas pembelajaran.

 

 

Go to top