Detak Banten - Detak Berita Opini Seketika Menjangkau Dunia

Isu Kudeta Demokrat??, Pengamat : Presiden Jangan ambil Pusing???!!

detakbanten.com OPINI - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuding adanya gerakan pengambilalihan tongkat kepemimpinan dirinya secara paksa sebagai ketua umum Partai Demokrat. AHY meyebutkan ada pihak lingkaran istana yang terlibat. Diduga ini memiliki kaitan erat dengan pemilu Presiden 2024.

Mendamba Pemimpin Ideal

detakbanten.com OPINI - Manusia yang hidup di muka bumi tak kan lepas dengan kepemimpinan. Bahkan kepemimpinan sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Saat dua orang berkumpul saja, harus memilih siapa pemimpinnya? Apalagi kumpulan orang banyak. Di keluarga kita mengenal ayah sebagai pemimpin. Sekolah ada kepala sekolah/madrasah. Sebuah negara ada presiden, dan masih banyak lagi.

Minat Baca yang Tak Diminati

Minat Baca yang Tak Diminati

detakbanten.com OPINI - Saat berkunjung ke sebuah perpustakaan, sedih rasanya. Betapa tidak, ruangan yang begitu nyaman lengkap dengan pendingin hanya dikunjungi kurang dari seluruh jumlah jari tangan berikut dengan dua petugas yang sedang duduk. Padahal jumlah koleksi buku perpustakaan ini luar biasa. Belum lagi lengkapnya sarana yang terdapat di perpustakaan tersebut.

Anak Penjarakan Ibu, Dimana Nuranimu Nak?

detakbanten.com NASIONAL - Miris membaca sebuah tulisan dengan judul “Berawal Cekcok Soal Baju Ibu yang Dipolisikan Anak di Demak Kini Ditahan”, sebagaimana dilansir detiknews.com. edisi 09 jan 2021. Memberitakan seorang anak begitu tega melaporkan ibunya sehingga ditahan hanya di karena kan cek-cok soal baju.

Pandemi, Pembelajaran Berharga 2020

Pandemi, Pembelajaran Berharga 2020

detakbanten.com Tahun 2020 akan segera berakhir. 365 hari di tahun 2020 telah mewarnai seluruh kehidupan kita. Senang, sedih dan bahagia tentunya menjadi hal yang setiap hari kita rasakan. Satu tahun sepertinya bukan hal yang sebentar. Namun jika kita menoleh ke belakang seolah baru kemarin tahun baru 2020 kita rasakan.

Labirin Korupsi dan Anomali Mahkamah Agung

detakbanten.com JAKARTA - “Perjuanganku akan lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri” demikian ucap Bung Karno saat berpidato pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November tahun 1961 silam. Secara retrospektif, makna dari ucapan tersebut dapat dielaborasi sebagai berikut: “Dahulu sebelum kemerdekaan tujuan kita adalah merdeka, dan untuk mencapai kemerdekaan, maka kita memiliki musuh yang sama yang harus kita lawan secara bersama, yakni penjajah”. Tak heran, sebelum masa kemerdekaan, spektrum politik yang sangat diametrikal sekalipun; komunis, nasionalis, dan Islam bisa “bersatu” untuk bersama-sama berjuang melawan penjajah.

12 Tahun Mencari Jati Diri, Ikon Tangsel Airin Atau Masih di Persimpangan Jalan

detakbanten.com TANGSEL -Belum lama hari jadi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ke-12 dirayakan dengan kondisi yang tidak biasanya, wabah pandemi melululantakkan hampir seluruh sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama pada sektor kesehatan dan perekonomian. Seluruh warga NKRI sedang dirundung bencana dan diuji ketangguhannya oleh coronavirus disease 2019 (covid-19) tak terkecuali di Kota Tangsel.

Pendidikan di Indonesia pada Masa Normal

detakbanten.com JAKARTA - Hampir setahun sejak kasus COVID-19 pertama ditemukan pada 17 November 2019 di
Provinsi Hubei, China. Pandemi yang diakibatkan oleh virus tersebut telah berhasil
merubah sistem pendidikan secara global. Dikarenakan tingkat penyebarannya yang
begitu cepat, negara-negara terjangkit mulai merumahkan kegiatan belajar mengajar,
tidak terkecuali Indonesia.

Disparitas Pidana Sebagai Sarana Mewujudkan Keadilan Materil

Disparitas Pidana Sebagai Sarana Mewujudkan Keadilan Materil

detakbanten.com - Hukum pidana dapat dibedakan dalam arti yang luas maupun dalam arti yang sempit. Dalam arti luas, pengertian hukum pidana meliputi hukum pidana materil, hukum pidana formil atau hukum acara pidana, dan juga hukum penitensier (hukum pelaksaanaan pidana). Sedangkan dalam arti yang sempit, pengertian hukum pidana hanya mengacu kepada hukum pidana materil.

Korupsi dan Problematika Sistem Peradilan Pidana

detakbanten.com - Sistem peradilan pidana (criminal justice system) adalah mekanisme kerja dalam proses penegakan hukum pidana yang dimulai dari kepolisian, kejaksaan, pengadilan, dan lembaga permasyarakatan untuk menanggulangi tindak pidana.

Page 1 of 4

 

 

Go to top