Karang Taruna Harus Berkontribusi Dalam Pembangunan

Karang Taruna Harus Berkontribusi Dalam Pembangunan

detakbanten.com Cilegon - Pengurus dan anggota Karang Taruna Bina Karsa, Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon menggelar rapat kerja tahunan di Aula Kantor Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Citangkil, Jumat (9/4/2020) malam.

Rapat tersebut dibuka Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT), Furkon yang didampingi langsung Ketua dan Wakil Ketua Karang Taruna Kelurahan Tamanbaru, Rohmani dan Irfan, disaksikan anggota MPKT dan anggota Karang Taruna.

Ketua MPKT Furkon menyampaikan bahwa
Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan, harus ikut berkiprah menata pembangunan di wilayahnya.

"Sebagai generasi muda yang memiliki potensi besar, pemuda harus lebih kreatif dan bisa memberdayakan serta menjadi subyek yang aktif di berbagai bidang agar bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya," kata Furkon.

Dikatakan Furkon, pemuda pemudi yang menjadi anggota Karang Taruna harus memiliki kreatifitas untuk berkontribusi dalam pembangunan kelurahan. "Para pemuda juga harus terus menggali kreatifitas dan inovasi serta siap dikritik, menuju kemajuan dan kemandirian," tuturnya.

“Semoga para pemuda yang dibawah naungan Karang Taruna ini, ke depan dapat memberikan banyak masukan yang diharapkan menjadi akar sekaligus sumbu penggerak karya-karya terdepan yang pada hakikatnya merupakan ekspresi dan inovasi yang terampil. Dan dapat diberdayakan sebagai upaya mendukung pembangunan demi kesejahteraan sosial,” sambungnya.

Ditempat yang sama, Ketua Karang Taruna Bina Karsa, Rohmani mengatakan, keberadaan Karang Taruna diyakini sangat terbuka untuk diberikan masukan bahkan dikritisi untuk meningkatkan karya dan kreatifitas dalam mengelola usaha-usaha produktif yang maju dan mandiri di setiap kelurahan.

"Karang Taruna memiliki peran strategis sebagai salah satu komponen organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang sampai ke kelurahan," pungkasnya.

Ia berharap, program kerja Karang Taruna Kelurahan Tamanbaru dapat bersatu padu dalam upaya memadukan dan berkelanjutan program dalam rangka mendukung pembangunan generasi muda dan kreatifitasnya dalam bermasyarakat.

"Diharapkan mampu memberikan nilai dan sentuhan secara objektif langsung ke masyarakat dengan program kerja yang menjadi prioritas," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Karang Taruna Binakarsa, Irfan Riswandi mengatakan tujuan dilaksanakan Raker ini juga untuk mengevaluasi kegiatan Karang Taruna yang telah dilaksanakan dan membahas program kerja tahun 2021 serta menjadi wadah koordinasi program antara Karang Taruna Kota, kecamatan, dan kelurahan agar tercipta sinkronisasi program kerja.

"Dengan dilaksanakan Raker ini kami berharap akan tersusun program kerja yang lebih baik dan bermanfaat bagi anggota serta masyarakat yang searah dengan kebijakan pemerintah khususnya di bidang kesejahteraan sosial. Raker ini juga dimaksud guna terwujudnya sinergitas program dengan kebijakan pemerintah, karena posisi Karang Taruna sebagai mitra pemerintahan dalam upaya penanganan permasalah sosial," tandasnya. (man)

Go to top