Takut Ditembak, Pelaku Curanmor Menyerahkan Diri

ilustrasi curanmor ilustrasi curanmor istimewa

Detakbanten.com PANDEGLANG-Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) Nedi menyerahkan diri ke petugas saat diancam hendak ditembak. Ia ketahuan bersembunyi di atap rumahnya di Kampung Cicadas, Desa Parung Kokosan, Kecamatan Pandeglang, Banten pada Senin (6/11/2017) dinihari.

Sebelumnya petugas dari Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polres Serang sudah mengepung rumah Nedi. Meski sudah diberi peringatkan, pelaku tetap bersembunyi. Namun, suara tembakan dari pistol petugas membuat ciut nyali Nedi. Ia pun menyerahan. "Sekitar 6 tahun, tersangka memang sudah menjadi buruan kami karena telah melakukan serangkian pencurian motor," ungkap Kepala Satuan Reskrim Polres Serang AKP Gogo Galesung pada Selasa (7/11/2017). 

Menurutnya, terkuaknya identitas tersangka ini hasil dari pengakuan Tuho alias Bohel teman sekampung sesama pencuri motor yang ditangkap sebelumnya. Bohel sendiri sudah menjalani hukuman selama 10 bulan di Rutan Serang. "Bersama Bohel, tersangka Nedi melakukan pencurian motor Yamaha Mio A 3916 FJ milik Iwan Suhandi warga Desa Harundang, Kecamatan Cikeusal," ungkap Kasat Reskrim didampingi Kanit Tekab Iptu Shilton.

Baca juga: Warga Sukamulya Pertanyakan Izin Proyek Pembangunan TPU

Menghindari kejaran polisi, kata Kasat, tersangka Nedi langsung kabur ke Bangka Belitung begitu mendengar Bohel, rekannya ditangkap petugas. Untuk menghidupi kesehariannya, tersangka Nedi bekerja sebagai buruh pada pertambangan timah. Setelah enam tahun dalam persembunyian, Nedi akhirnya pulang ke kampung halamannya dengan pikiran tidak ada lagi yang mengejarnya. "Dia pulang ke kampungnya karena mengira kita tidak lagi mencari," kata Kasat.

Begitu mendengar tersangka sudah kembali ke kampung halamannya, Tim Tekab segera bergerak melakukan penangkapan. Rupa-rupanya, kedatangan petugas sempat diketahui sehingga tersangka berusaha untuk bersembunyi di atap rumahnya. Karena ada jejak yang mencurigakan, petugas kemudian memberikan peringatan. "Begitu ada tembakan, ada suara gaduh di atas loteng. Tersangka yang bersembunyi ternyata ketakutan dan langsung menyerahkan diri," tandasnya.

 

 

Go to top