Tangsel Minim Budaya, Silat Cingkrik Angkat Bicara

Tangsel Minim Budaya, Silat Cingkrik Angkat Bicara

detaktangsel.com- SERPONG, Budaya pencak silat merupakan sejarah asli Indonesia terutama dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta yang terkenal dengan budaya betawi. Dari pesilat terkenal Si Pitung asli Rawa Belong, Bang Sabeni warga asli Tanah Abang, dan masih banyak pesilat lainnya.

Tangsel pun tak luput dari budaya asli betawi ini. Terkenal dengan nama 'Rumah Seni dan Budaya Lengkong', Perguruan Pencak Silat Cingkrik Lengkong Wetan Kota Tangerang Selatan berdiri sekitar tahun 2008 di Jalan Bintaro - BSD, Kampung Perigi RT 03/010, Kelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

"Silat cingkrik bisa dikatakan sebagai dasar pencak silat asli betawi. Namun, saat ini sudah banyak perkembangan. Selain silat, ada budaya lain seperti palang pintu, gambus, tari topeng, dan lain-lain," tutur Pimpinan Padepokan Cingkrik Lengkong Wetan, Rohmat saat wartawan detaktangsel.com berkunjung ke kediamannya.

Berciri khas peci di kepala, sarung di leher, baju hitam, celana hitam, serta sabuk hijau khas betawi, para pesilat cilik mengeluarkan jurus-jurus andalan ala betawi.

"Ada 12 jurus di silat cingkrik," lanjut Rohmat..

Adik Rohmat, Ibrahim mengungkapkan keprihatinan atas perkembangan remaja masa kini yang acuh terhadap budaya asli Indonesia khususnya budaya betawi.

"Silat ini kan salah satunya untuk membela diri. Kalau dulu ada istilah 3 S. Singkatan dari Shalat, Shalawat, dan Silat. Sekarang berkembang jadi 4 S. Shalat, Shalawat, Silat, dan Sekolah mengingat pendidikan itu penting," ujar Ibrahim di tempat yang sama.

Terlihat keakraban saat para pesilat cilik latihan. Sekitar 10 anak mengikuti latihan yang biasa dilakukan hari Kamis malam Jum'at dan Sabtu malam Minggu sedari pukul 20.00 WIB hingga menjelang tengah malam.

Ibrahim menambahkan asal mula silat cingkrik berasal dari binatang monyet yang berlompatan dari satu tempat ke tempat lain.

"Jingkrak jingkrik asalnya dari monyet. Maka dari itu gerakannya pun sepintas mirip monyet lincah," pungkas Ibrahim. (Vin)

Go to top