Zaki Mubarak: DPRD Tangsel Dinilai Lamban

Zaki Mubarak: DPRD Tangsel Dinilai Lamban

CIPUTAT- Kinerja Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Tangerang Selatan dalam membahas empat (4) rancangan peraturan daerah (Raperda) berjalan lamban.

Dalam pandangan pengamat yang juga dosen UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, M Zaki Mubarak M.Si,  terkait dengan pembahasan Raperda di DPRD mencatat beberapa hal penting.

Menurutnya, DPRD Kota Tangsel termasuk DPRD dinilai paling malas,pasalnya,  Pada 2013 tidak satu Perda pun dihasilkan.

Umumnya, DPRD dalam setahun telah menghasilkan belasan Perda sebagai bentuk respons atas masalah-masalah di daerah.

Pembahasan empat (4) Raperda tersebut terlambat karena menjelang Pemilihan Umum Legislatif (Pilleg) 2014. Jadi, fokus para anggota DPRD lebih ke persiapan Pilleg tersebut.
 
Yang memprihatinkan menurut Zaki, dalam hal pembahasan Raperda juga tidak ada sosialisasi ke masyarakat dan akademisi yang mencukupi terkait empat Raperda tersebut.

"DPRD juga kurang pro aktif sosialisasi Perda-Perda yangg ada. Padahal jumlahnya sangat sedikit (bukti malasnya DPRD). Portal DPRD Tangsel juga tidak aktif, tidak dikelola baik. Bagaimana masyarakat bisa mengetahui kinerja mereka dan kirim aspirasi ?, papar Zaki dengan penuh tanya.

Zaki mencontohkan, untuk urusan Pertamanan, sebagaimana aspirasi masyarakat, lebih baik menjadi bidang kerja dari Dinas lingkungan hidup/Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD)   

"Saya setuju 100% tidak diurusi Dinas Kebersihan, biar Dinas itu fokus ke urusan sampah saja. Lebih baik soal pertamanan dilakukan oleh dinas lingkungan hidup," tandasnya.
(Zal)

Go to top