Items filtered by date: Sunday, 14 June 2020

Danlantamal III Sambut Kedatangan KAL Anyer

CIlegon - Kedatangan kapal patroli baru yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) Anyer I-3-64, disambut oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, di dermaga Indah Kiat Merak, Kota Cilegon, Sabtu (13/6).

Diawaki 15 personil dan di-Komandani oleh Kapten Laut (P) Prihatin Hadi Nugraha Sianturi, Kapal ini diberangkatkan menuju Lanal Banten dari dermaga Satrol Lantamal XII, pada Kamis (11/6/2020) lalu dan tiba di Lanal Banten, Sabtu (13/6/2020), dan disambut Danlantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto didampingi Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, Komandan Satrol Lantamal III Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi dan para Asisten Danlantamal III.

Dalam acara penyambutan, Komandan KAL Anyer I – 3 – 64 dikalungkan kain syal khas Baduy oleh Komandan Lantamal III Jakarta dan tutup kepala khas Baduy (udeng) oleh Komandan Lanal Banten sebagai simbol bahwa KAL Anyer I – 3 – 64 akan bertugas di jajaran Lantamal III Jakarta dan masuk dalam Keluarga Besar Lanal Banten dimana dalam tugas sehari-harinya dibawah kendali Lanal Banten yang wilayah operasinya di wilayah laut Provinsi Banten.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto menyampaikan bahwa KAL Anyer I–3–64 merupakan kapal baru yang masuk ke jajaran Lantamal III. Memiliki Panjang 28,98 meter, Lebar 6,20 meter dan bobot 90 ton dengan kecepatan maksimum 28 knot, kapal ini merupakan jenis kapal patroli berbahan aluminium produksi dalam negeri yang dibuat oleh PT Steadfast Marine Tbk di Pontianak, Kalimantan Barat.

KAL Anyer I–3–64 merupakan hasil kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan PT Steadfast Marine Tbk dimana peresmian peletakan lunas / Keel Laying telah dilaksanakan sejak, Jumat (15/3/2019), oleh Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo di galangan PT Steadfast Marine Tbk, Pontianak dan Peluncuran perdana KAL Anyer dilakukan pada 18 Oktober 2019 lalu.

"Hari ini Lanal Banten khususnya sudah menerima satu unit KAL Anyer. Ini tentunya akan memperkuat jajaran Lantamal III khususnya Lanal Banten. Yang kita pahami bersama situasi bagaimana kondisi perairan dan perkuatan alutsista. Hari ini pimpinan angkatan laut sudah memikirkan. Sementara saat ini kita menerima satu KAL sehingga saya berharap KAL ini dapat difungsikan untuk memperkuat jajaran Lanal Banten di dalam membantu pemerintah daerah Banten maupun juga terkait dengan tugas pokok TNI Angkatan Laut untuk mengamankan perairan yurisdiksi nasional Indonesia," kata Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto memimpin penyambutan Kapal Angkatan Laut (KAL) Anyer I-3-64, di dermaga Indah Kiat Merak, Kota Cilegon, Sabtu (13/6).

Ia mengungkapkan, Selat Sunda merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) dimana lalu lintas pelayaran mulai kapal niaga, perikanan dan penumpang sangat ramai melintas sehingga membutuhkan pengawasan guna penegakan hukum dan menjaga keamanan di laut salah satunya oleh TNI Angkatan Laut.

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan amanah Undang – Undang 34 tahun 2004 tentang TNI, yang di dalam bab penjelasannya pada Pasal 9b, secara garis besar menyebutkan tugas TNI Angkatan Laut adalah menjalankan fungsi penegakan hukum dan menjaga keamanan di laut. Dengan dimulainya penugasan di Provinsi Banten, KAL Anyer I – 3 – 64 siap menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pengadaan KAL Anyer diperoleh dari anggaran APBN dan merupakan program pengadaan Dismatal TA. 2019. KAL ini terbuat dari bahan aluminium yang lebih tahan dibandingkan dengan produk sebelumnya. Diharapkan awak KAL lebih percaya diri dalam melaksanakan operasi di laut. Peralatan navigasi dan komunikasi juga dilengkapi sebagai standar unsur yang beroperasi di laut dengan kontur perairan terbuka. Muduh-mudahan kedepan Lanal Banten juga  mendapat perkuatan lagi alutista yang ada disini,” ujar Brigjen Hermanto. 

Ditempat yang sama, Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah menambahakan bahwa khususnya KAL yang baru, KAL Anyer akan menghadapi situasi yang baru. "Karena yang dihadapi disini selat kemudian wilayah untuk Lanal Banten sendiri di Selatan kita sudah berhadapan dengan laut bebas itu membutuhkan fisik yang kuat. Saya rasa untuk perairan Selat Sunda ini kita sudah cukup dengan KAL 28 karena kita ada aturan yang mengatur itu. Tugas lanal sendiri untuk mengcover Selat Sunda, kita sudah mendapat informasi di bawah Koarmada I," tandasnya. (man) 

Published in Cilegon

detakbanten.com SERANG - Dinas Lingkungan (LH) Kota Serang Ultimatum Pemerintah kabupaten Serang untuk pembayaran tunggakan retrebusi sampah yang tertunggak hingga mencapai kisaran 800 juta hingga bulan september tahun ini untuk dilunasi.

Published in Kota Serang

detakbanten.com KOTA TANGERANG- Pemerintah Kota Tangerang akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal Rukun Warga (PSBL-RW). Penerapan PSBL tersebut rencananya alan dilaksanakan di 24 RW yang masuk zona merah atau berisiko tinggi kasus Covid 19.

Published in Kota Tangerang

detakbanten.com Cilegon - Beredar sebuah data Microsoft Excel yang menyebutkan data pribadi pasien positif Covid 19 di Kota Cilegon. Menurut salah satu pasien positif Covid-19 yang tidak mau disebutkan namanya. Data tersebut berupa data dalam Microsoft Excel lengkap sampai dengan nomor telepone. Kebocoran data itu membuatnya menerima puluhan pesan dan telepon dari orang tidak dikenal.

Published in Cilegon

Detakbanten.com, SERANG - Bacalon Bupati Serang, Abdul Latif mendatangi kediaman kakek Jahrani warga Kampung Periuk, Desa Singamerta, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Minggu (14/6/2020).

Published in Kota Serang

detakbanten.com KOTA TANGERANG -Berdasarkan data Dinsos, ada 177.000 Kepala Keluarga terdampak Covid-19 di Kota Tangerang. Dari data tersebut sebanyak 86.783 Kepala Keluarga akan dicover oleh BLT dari Provinsi Banten dan sebanyak 90. 217 Kepala Keluarga akan di cover bantuan dari Pemerintah pusat.

Pada penyaluran tahap satu gelombang pertama, sudah sebanyak 10.000 lebih kepala Keluarga yang menerima BLT. Sedangkan pada gelombang kedua, kemarin dan hari ini sebanyak 37.000 ribu kepala keluarga lebih yang menerima BLT. Jadi ada sekitar 39.000 kepala keluarga yang belum menerima BLT Provinsi tahap kesatu, dari target 86.783 kepala keluarga di Kota Tangerang.

"Masih ada tahapan selanjutnya, kan masih ada 39.000 ribuan sisanya yang belum menerima BLT dari Provinsi," terang Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman saat memantau pembagian bantuan langsung tunai (BLT) Pemprov Banten di Kecamatan Karang Tengah, Minggu (14/6/2020).

Ketika disinggung mengenai anggaran setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tangerang yang dirasionalisasi, Ia menjelaskan, bahwa saat ini Pemerintah Kota Tangerang telah menyalurkan beras sebanyak 200 Kg untuk masing-masing RW sebagai lumbung pangan warga.

Ia juga menambahkan bahwa anggaran tersebut juga sifatnya baru sebatas ploting APBD, sementara Kas Daerah Kota Tangerang saat ini sangat minim karena banyak sumber penerimaan daerah yang tidak masuk karena pengaruh Covid-19 ini. Untuk di ketahui bahwa penerimaan Kas daerah Kota Tangerang saat ini mengalami penurunan hingga 50 persen.

" jadi saat ini sementara semua sudah tercover oleh bantuan dari pusat dan provinsi. Jadi kalau memang dananya ada, mungkin nanti akan dilakukan evaluasi. Bisa kita alokasikan untuk mengcover penerima bantuan Covid-19 yang baru (ada data penerima baru) atau bisa kita geser ke kegiatan lain," tambahnya.

Terpisah Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Suli Rosadi saat di konfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan, bahwa banprov yang di salurkan kemarin dan hari ini merupakan BLT tahap kesatu, gelombang kedua. Berdasarkan data yang ada, untuk penerima BLT dari Provinsi ada sebanyak 86.783 Kepala Keluarga dan data penerima bantuan dari pusat sebanyak 90.217 kepala keluarga. Jadi total keseluruhan penerima bantuan terdampak covid-19 di Kota Tangerang sampai dengan saat ini sebanyak 177.000 kepala keluarga.

" Agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial dimasyarakat, pihak Pemkot Tangerang membagi dua wilayah Cluster yakni Cluster barat dan Cluster timur. Untuk Cluster barat (Terdiri dari 7 Kecamatan-red), merupakan kepala keluarga penerima bantuan dari pusat dan Cluster timur (Terdiri dari 6 Kecamatan-red), merupakan kepala keluarga penerima bantuan dari Provinsi," ujarnya.

Suli menambahkan, jumlah data kepala keluarga terdampak Covid-19 tersebut, diluar dari data penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun Jamsos ratu (JPS dari Provinsi Banten-red) yang sudah terlebih dahulu ada. Jadi tidak ada data yang dobel atau satu orang mendapatkan dua kali bantuan. Kalau di lapangan menemukan data seperti itu, maka pada saat verifikasi akan kami coret,pungkasnya.

Published in Kota Tangerang
detakbanten.com BOLA - Barcelona mengincar poin penuh agar menjauh dari kejaran Real Madrid ketika bertandang ke markas Real Mallorca dalam lanjutan LaLiga Spanyol pekan ke-28 di Estadi de Son Moix, Minggu (14/6) dini hari WIB.
Published in Bola
detakbanten.com TANGSEL - Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Tangerang Tranparency Public Watch (Truth) menduga adanya kejanggalan dalam penggunaan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) untuk percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).
Published in Tangsel
detakbanten.com JAKARTA - Reisa Broto Asmoro mengatakan, saat ini lebih dari 400 pedagang pasar tradisional yang telah terinfeksi Covid-19. Jumlah ini diketahui berdasarkan data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKPPI). 
Published in Nasional
detakbanten.com TANGSEL - Petisi dukungan oleh akar rumput PDI Perjuangan Kota Tangsel agar partai pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang merekomendasikan kader internal, akhirnya berbuntut panjang.
Published in Tangsel
Page 1 of 2
Go to top