Aceh Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 5.3 Guncang Aceh

Aceh Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 5.3 Guncang Aceh

detakbanten.com, ACEH - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 5.3 guncang sebagian wilayah Provinsi Aceh dan Sabang, Jumat (30/4/2021) pukul 21.43 WIB.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, episenter terletak pada titik koordinat 5.18 Lintang Utara dan 94.20 Bujur Timur BT pada jarak 147 km Barat Daya Kota Sabang, Aceh dikedalaman 43 km.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo 5,3 kemudian diupdate menjadi magnitudo 5,1. Gempa bumi tidak berpotensi tsunami.


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi," ungkapnya, Sabtu (1/5/2021).


Menurut dia, analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi geser (oblique thrust fault). Sementara itu dampak guncangan gempa bumi bermagnitudo 5.3 dirasakan di daerah Banda Aceh II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah,

getaran seakan akan truk berlalu) dan Sabang II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda tergantung bergoyang).
"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," bilangnya.(AP)
Teks foto: Lokasi gempa bumi tektonik magnitudo 5.3 di Provinsi Aceh, Jumat (30/4/2021).

 

 

Go to top