Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Produktivitas Anak dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Menjadi Inovasi yang Bernilai Jual

Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Produktivitas Anak dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Menjadi Inovasi yang Bernilai Jual

Detakbanten.com TANGSEL - Mahasiswa merupakan seseorang yang belajar di perguruan tinggi baik universitas, institut atau akademi. Dalam hal ini, mahasiswa tidak dituntut untuk sekadar berlajar saja, namun juga diharap mampu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam penerapan tersebut, kami selaku mahasiswa Universitas Pamulang program studi Akuntansi pada tanggal 10 Oktober 2021, jam 15.00 telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Taman Baca Kolong, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan PkM tersebut mengangkat judul “Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Produktivitas Anak dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Menjadi Inovasi yang Bernilai Jual”. Kegiatan PkM ini didampingi langsung oleh Bapak Dosen kami yang bernama Eka Rima Prasetya M.pd.

Telah kita ketahui, bahwasannya di negara kita ini terdapat satu masalah yang sejak dulu belum tertuntaskan, yaitu masalah sampah yang kian hari semakin menumpuk dibeberapa tempat. Kurangnya perhatian masyarakat setempat, minimnya pengetahuan pengelolaan sampah, dan semakin banyaknya penduduk membuat masalah sampah ini jadi terbengkalai, namun hingga saat ini belum ada tindakan ataupun cara untuk menanggulanginya.IMG 20211113 WA0022

Mengetahui masalah tersebut, kami selaku mahasiswa Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna memberi pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola sampah plastik menjadi pundi-pundi rupiah. Hal tersebut dilakukan bukan sekadar mengurangi sampah semata, namun dapat menambah penghasilan pada masa pandemi ini.

Sasaran PkM yang kami pilih yaitu anak-anak, karena mereka merupakan aset dalam memajukan negara ini. Mereka mempunyai inovasi, kreasi, dan pastinya cita-cita yang tinggi, dengan itu kami selaku mahasiswa Universitas Pamulang ingin menumbuhkan kepedulian anak-anak terhadap negeri kita yang tercinta ini. Melalui kegiatan kali ini, kami berharap dapat sedikit banyaknya mengurangi masalah sampah di Indonesia ataupun lingkungan sekitar, selain itu dapat membantu para orang tua yang terkena dampak dari pandemi dengan cara membuat kerajinan dari sampah yang bernilai jual.

kegiatan yang kami lakukan bersama anak-anak yaitu penyuluhan mengenai sampah dan berkreasi dengan botol bekas untuk menghasilkan kerajinan yang dapat digunakan dan bernilai jual.

Terima kasih kami ucapkan kepada dosen pembimbing dalam pelaksaan PkM ini, yaitu Bapak Eka Rima Prasetya M.pd. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak Taman Baca Kolong yang telah memberi izin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan bersama adik-adik. Tidak lupa kepada teman-teman yang telah bekerja keras demi terlaksananya kegiatan ini, kepada Isna Septiya selaku ketua, Putri Sriasih, Nurfadilla Aulia Rahman, dan Astri Elvani.

 

 

Go to top