Membangun Entrepreneur terhadap Ekonomi Kreatif

Membangun Entrepreneur terhadap Ekonomi Kreatif

Detakbanten.com - Pamulang . 17 Oktober 2021 , Kami mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) , Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Prodi S1 Akuntansi , mengadakan seminar kewirausahaan dengan tema “ Membangun Entrepreneur terhadap Ekonomi Kreatif “ pada hari Minggu , 17 Oktober 2021.Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 – 12.00.

Acara seminar bertempat di aula Yayasan Darussalam , Jl.Reni Jaya No.1 , Pd.Petir , kec.Bojongsari, Kota Depok , Jawa Barat.Acara seminar ini diikuti oleh anak – anak generasi milenial dari pesantren yatim/panti asuhan al – farhan. Seminar dibuka dengan kata sambutan dari dosen pembimbing , Ibu Henny Rahayu Handayani , S.H. , M.H.dan ketua Yayasan Darussalam , Drs. H. Rachmat Setiawan, M.Si. Adapun Seminar ini dilaksanakan oleh Lydia Oktariani sebagai Ketua Kelompok dan tiga rekan lainnya , yang terdiri dari Alfi Nur Arianie , Mega Pertiwi Agustina Suherdi serta Moh Mahsun.

Dilatar belakangi oleh akibat dari fenomena pergeseran orientasi ekonomi yang menyebabkan munculnya daya saing atau kompetisi pasar yang semakin besar.Nilai ekonomi dari suatu produk atau jasa di era kreatif tidak lagi ditentukan oleh bahan baku atau sistem produksi seperti pada era industri , tetapi lebih kepada pemamfaatan kreativitas dan penciptaan inovasi melalui perkembangan teknologi yang semakin maju.Negara – Negara maju saat ini telah mengandalkan sumber daya manusia dengan daya pikir yang kreatif agar menjadi modal dasar untuk menciptakan inovasi.Indonesia sudah menyadari bahwa ekonomi kreatif merupakan jantung atas pergerakan industry kreatif.Ekonomi kreatif menjadi opsi pengembangan yang layak disebut sebagai kebijakan multidisiplin yang inovatif dan direspon melalui kementrian / Lembaga ( Bapenkraf) .Konsepnya , ekonomi kreatif mendukung adanya perkembangan kemanusiaan ( human development ) sebagai creative asset dengan basis ilmu pengetahuan di bidang aktivitas ekonomi .

IMG 20211114 WA0014

Adanya acara seminar kewirausahaan ini , kami ditujukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan menggerakkan roda perekonomian melalui hasil pemikiran atas konsep – konsep ide kreatif generasi milenial dengan pemamfaatan teknologi di era maju sekarang ini . Dukungan atas kebangkitan ekonomi Indonesia atas ekonomi ASEAN dan Global , cerminannya akan dapat terlihat dari kompetensi sumber daya dalam menciptakan inovasi – inovasi baru.

Acara seminar kewirausahaan ini , diikuti secara seksama dan dengan antusiasme yang tinggi oleh anak – anak generasi milenial dari pesantren yatim/ panti asuhan al – farhan atas ilmu baru yang mereka dapatkan .Antusiasme juga dirasakan oleh kami sebagai pelaksana kegiatan acara seminar ini , atas pengalaman dari bidang keilmuan yang dapat bermamfaat.

Acara seminar dilakukan dengan pemaparan materi yang berisikan pengenalan dan dasar pengetahuan mengenai entrepreneur dan ekonomi kreatif .Harapannya , dangan pembekalan ilmu pengetahuan serta pengenalan sejak dini akan dapat membangun motivasi dari dalam diri sehingga menciptakan sumber daya yang memiliki keunggulan kompetitif dan berdaya saing di masa yang akan datang.

Acara seminar tidak hanya berisikan pemaparan materi , ada juga sesi tanya jawab dan diskusi seputar materi yang diberikan.Tidak ketinggalan , games yang menarik dan doorprize juga menjadi bagian dari keberlangsungan acara.Diakhir acara , ada penyerahan plakat sebagai kenang – kenangan bahwa telah dilakukannya Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMkM) terhadap pesantren yatim/panti asuhan al – farhan.

Adapun acara seminar kewirausahaan ini dilakukan sebagai wujud nyata eksistensi kami , mahasiswa dari Universitas Pamulang , dalam penerapan kebermamfaatan ilmu yang dimiliki dan perwujudan dari Tri Dharma perguruan tinggi serta tanggung jawab luhur untuk mengembangkan masyarakat.

Akhir kata , ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Dosen Pembimbing , Ibu Henny Rahayu Handayani , S.H. , M.H dan Ketua Yayasan Darussalam , Bapak Drs.H.Rachmat Setiawan.M.Si , adik – adik generasi milenial pesantren /panti asuhan al – farhan serta teman – teman sekalian atas kontribusi dan kerjasama yang diberikan guna mendukung kegiatan PMkM dengan terlaksananya acara seminar kewirausahaan ini dengan baik.

Penulis : Lydia Oktariani , Alfi Nur Arianie , Mega Pertiwi Agustina Suherdi , Moh Mahsun
Universitas Pamulang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

 

Go to top