500 Titik Lampu Tenaga Surya Bakal Terangi Desa Rawa Kidang

500 Titik Lampu Tenaga Surya Bakal Terangi Desa Rawa Kidang

detakbanten.com, SUKADIRI -Melalui Program Indonesia Terang (PIT) sebanyak 500 titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) bakal terangi Desa Rawa Kidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten.

Hal tersebut diketahui pada saat Tim Pengawas program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) wilayah Kabupaten Tangerang Firman melakukan monitoring ke lokasi wilayah yang bakal di lakukan pemasangan lampu tenaga Surya. Bersama pihak pelaksana proyek PJU-TS serta di dampingi oleh aparatur Desa Rawa Kidang, pihaknya meninjau titik koordinat 0% yang bakal di pasang PJU-TS.

"Program indonesia terang (PIT) ini diluncurkan oleh Pemerintah Pusat sejak tahun 2017 dan di tahun 2021 Kabupaten Tangerang merupakan penerima program gelombang ke 2 sekitar 50 persen,"kata firman Pengawas Kegiatan Program PJU-TS wilayah Kabupaten Tangerang kepada detakbanten.com, Jum'at, (23/7/2021)

Menurutnya, untuk di wilayah Kecamatan Sukadiri terdapat tiga desa penerima program PJU-TS, diantaranya desa rawa Kidang, Desa Mekar Kondang dan Desa Sukadiri. Masing-masing desa menerima 500 titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS).

“Untuk di wilayah Kecamatan Sukadiri ini, tinggal desa Sukadiri saja belum Kita lakukan tinjauan, (Kita tinggal menunggu surat perintah kerja (Spk_red) dan nanti vendor yang mengerjakan setelah diumumkan lelang)” ujarnya.

Lanjut Firman mengatakan, masyarakat serta semua pihak untuk dapat mendukung, menjaga dan mengawasi pelaksana program, agar apa yang dikerjakan sesuai dengan spesifikasi.

“Karena ini aset negara, saya minta kepala desa dan aparatur setempat menjaganya, serta meminta kepada rekan media untuk melihat, mengawasi, agar program ini sesuai dengan harapan tanpa penyelewengan,” pintanya

Sementara, Kepala Desa Rawakidang Soleh Fikri mengatakan, pihaknya mendukung program indonesia terang (PIT) dan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan program untuk desanya, yang dirasa dapat sedikit meringankan beban biaya ekonomi masyarakat.

“Saya sangat senang, karena warga saya nanti bayar listriknya agak sedikit berkurang, karena terbantu dengan penerangan dari tenaga surya. Apalagi massa pandemi ini,” singkatnya. 

Senada Endi Paradede Sekdes Rawa Kidang menambahkan dengan adanya PJU-TS ini diharapkan bisa memperlancar aktivitas masyarakat terlebih para buruh yang berangkat subuh dan bagi pekerja yang pulang malam.

"Adanya PJU-TS ini kalau malam hari jadi terang benderang dan ga gelap lagi pastinya, dan juga bisa meminimalisir tingkat kriminalitas,"ujarnya

 

 

Go to top