Banjir di Kampung Bulak & Pondok Maharta, DPU Tangsel : JRP Akan Lakukan Pelebaran Kali Serua

Kantor Dinas PU Kota Tangsel. Kantor Dinas PU Kota Tangsel.

detakbanten.com, TANGSEL-Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel Aries Kurniawan menyebutkan, banjir yang kerap terjadi di Kampung Bulak dan Pondok Maharta, Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren, terjadi akibat adanya penyempitan kali Serua yang bermuara di Kali Angke. Sementara itu, kondisi kali Angke juga mengalami sedimentasi. Topografi Kampung Bulak yang merupakan daerah cekungan juga menjadi penyebab banjir.

Solusi untuk mengatasi banjir di Kampung Bulak dan Pondok Maharta, yang terjadi akibat adanya penyempitan itu, rencananya akan ada pelebaran aliran kali oleh salah satu pengembang.

"Karena kali Serua kurang lebar, rencananya akan ada pelebaran oleh JRP (Jaya Real Property-red). JRP itu sudah merencanakan akan melakukan pelebaran kali Serua yang melintasi kawasan perumahan milik JRP, di wilayah Kota Tangerang," ungkap Aries, Senin (31/5/2021).

Pelebaran kali Serua oleh pengembang JRP, nantinya mencapai 12 meter dengan panjang mencapai 1,6 kilo meter. "Itu untuk penanganan banjir di kawasan Pondok Maharta dan Kayu Gede yang ada di Tangsel," terang Aries.

Aries bilang, selain akan melakukan pelebaran aliran air kali Serua, JRP juga akan membuat polder atau tandon di Kampung Bulak. Sedangkan untuk pelaksanaannya, Aries sebutkan pihaknya saat ini masih terus berkoordinasi dengan pengembang JRP.

"Nanti kita koordinasi lagi dengan JRP, karena itu tanahnya JRP," ujar Aries.

Diketahui, kali Serua yang melintas di Pondok Maharta dan Kampung Bulak, sering kali meluap jika hujan deras mengguyur Kota Tangsel. Air dari luapan kali Serua itu, tak jarang membuat kenyamanan warga terganggu lantaran air masuk ke rumah-rumah warga Pondok Maharta dan warga Kampung Bulak.

Bahkan, untuk mengatasi persoalan banjir di Pondok Maharta dan Kampung Bulak, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel, Dinas PU Tangerang Kota, Sekda Tangsel, Kepala Bappeda Tangsel, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) telah menggelar rapat koordinasi di ruang Anggrek Pemkot Tangsel pada Maret 2021 lalu. (Dra)

 

 

Go to top