Cerita Pedagang dan Pembeli, Harga Cabai Selangit Melebihi Harga Daging Sapi

Cerita Pedagang dan Pembeli, Harga Cabai Selangit Melebihi Harga Daging Sapi

Detakbanten.com, Kota Serang - Sejumlah pedagang di Pasar Induk Rau (PIR) kota Serang mengeluhkan Harga cabai rawit merah naik di pasaran. Sebab, Harga cabai merah di PIR mencapai Rp 130 ribu per kilo gram.

Salah satu pedagang PIR, Suhendi (35) mengatakan, sebelumnya harga normal cabai rawit di toko milik ya antara Rp 50.000 hingga Rp 60.000 perkilo. "Sekarang seharga Rp 125.000 sampai Rp 130.000 per kilo," kata Suhendi saat ditemui di PIR, Senin (8/3/2021).

Bahkan, Suhendi mengkaui, tidak hanya cabai rawit, harga cabai keriting di sejumlah toko ataupun lapak di PIR mengalami kenaikan.

"harga cabai keriting juga mencapai Rp 70.000, normalnya Rp 30.000 sampai Rp 40.000," jelasnya.

Alhasil, kata Suhendi, hal ini berimbas pada pedagang kekurangan pembeli dan pendapatan menurun. "Sejak kemarin, harga cabai naik. Pembeli pun menjadi sepi di PIR," ujarnya.

Sementara itu, para pedagang gorengan maupun warteg pun mengeluhkan dengan naiknya harga cabai rawit maupun cabai keriting.

"Ya kalau di bilang ngeluh yang ngeluh mas. Banyak pembeli yang komplen kalau beli gorengan, karena dikasih cabai ya hanyalah sedikit," ujar Wandi salah satu penjual gorengan di jalan raya Ciceri Kota Serang.

Sementara itu, salah satu pemilik warga di jalan raya Sumurpecung, Ibu Mumun mengakui, untuk penggunaan sambel dikurangin, dan tidak selalu dibuatkan ada. "Kalau pun ada sambel tidaklah pedes, sebab cabai sudah mahal," keluhnya.(Aden)

Go to top