Daur Ulang Sampah di Desa Talagasari Bernilai Ekonomis

Daur Ulang Sampah di Desa Talagasari Bernilai Ekonomis

Detakbanten.com BALARAJA -- Perhatian pemerintah Desa Talagasari Kecamatan terhadap pengolahan sampah plastik yang di daur ulang oleh Kelompok Kampung Berseri Astra (KBA) sangat tinggi.

Selain membantu penanganan persampahan, pengelolaan daur ulang kemasan makanan dan minuman juga merupakan peluang penggerak ekonomi masyarakat.

Kepala Desa Talagasari Juhariyah mengatakan, Kelompok Kampung Berseri Astra (KBA) yang lokasinya di Kampung Sangereng Rt 06/01 Desa Talagasari Kecamatan Balaraja ini berdiri pada tahun 2019 yang lalu, dimotori oleh PT Marga Mandala Sakti salah satu perusahaan Astra.

" Sebanyak 136 kepala keluarga KBA Talagasari mampu mengurangi sampah plastik dengan rata-rata 844 kilogram per bulan atau 10,2 ton yang dikumpulkan sejak Juli 2019,"terang Juhariyah, usai melakukan peninjauan di KBA, Rabu (08/09/2021).

Kades Talagasari menambahakan, dengan melakukan 3R yakni reduce, reuse, dan recycle, sampah plastik yang diolah bank sampah KBA Talagasari dimanfaatkan oleh warga untuk dijadikan ecobrick, tempat air minum, kotak tisu, piring buah hingga tas wanita.

" Pemdes Talagasari terus berupaya semaksimal mungkin untuk mendorong KBA menjadi salah satu tempat daur ulang sampah agar bernilai ekonomis,"tandasnya.

 

 

Go to top