Gelar RUPS Perdana, BUMDes Kramat Setor Deviden ke PADes

Gelar RUPS Perdana, BUMDes Kramat Setor Deviden ke PADes

detakbanten.com, PAKUHAJI-- BUMDes Gema Mandiri Desa Kramat Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan, Rabu (20/1/2021). RUPS perdana ini dilaksanakan di Ruang Aula Kantor Desa Kramat.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Desa selaku Komisaris, perwakilan DPMPD Kab. Tangerang, Tenaga Ahli dan Pendamping Desa, pengurus BUMDes dan tokoh masyarakat ini mengagendakan Laporan Pertanggungjawaban pengelolaan BUMDes Tahun Anggaran 2020.

Untuk diketahui, BUMDes Gema Mandiri merupakan badan usaha yang didirikan oleh Pemerintah Desa Kramat berdasarkan Perdes Nomor 2 Tahun 2019 yang ditetapkan pada kegiatan Musyawarah Desa (Musdes). Pendirian BUMDes Gema Mandiri atas inisiatif masyarakat yang direspon positif oleh kepala desa untuk mengelola aset dan potensi desa agar bernilai ekonomis dan mensejahterakan masyarakat desa.

Setelah mendapatkan penyertaan modal dari Dana Desa Pemdes Kramat pada bulan Mei 2020, BUMDes Gema Mandiri menjalankan dua unit usaha yaitu, unit usaha wisata dan unit usaha ekonomi kreatif. Unit usaha wisata mengelola potensi alam berupa pantai yang berada di desa kramat dengan nama pantai anom. Sedangkan unit usaha ekonomi kreatif mengelola kreatifitas masyarakat terutama pemuda untuk memproduksi kreasi ban bekas menjadi bangku sofa dan furnitur custom. Disamping itu, unit usaha ini juga memproduksi bahan pembersih seperti sabun cair cuci piring dan softener.

Direktur BUMDes Gema Mandiri, Adhi permana atau yang dikenal dengan panggilan Tobink menuturkan, kegiatan RUPS ini merupakan bentuk akuntabilitas dan transparansi pengelolaan BUMDes yang telah menerima penyertaan modal dari Dana Desa Pemdes Kramat.

"Penyertaan Modal Pemdes harus dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan transparan pada kegiatan RUPS ini" ungkap Adhi.

Selain menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban, BUMDes Gema Mandiri juga menyetorkan Deviden sebagai Pendapatan Asli Desa (PADes) dan menyalurkan bantuan sosial secara dari hasil usaha BUMDes.

Komisaris BUMDes, H. Nur Alam, selaku Ex. Officio Kepala Desa Kramat pada kesempatan itu memaparkan tujuan didirikan BUMDes Gema Mandiri. Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa kramat, BUMDes harus mampu berkontribusi terhadap PADes.

Kedepannya BUMDes Gema Mandiri harus mampu menjadi lokomotif perekonomian di desa kramat.
Pasalnya, kegiatan RUPS yang diselenggarakan BUMDes Gema Mandiri ini merupakan yang pertama di Kabupaten Tangerang.

Udin selaku perwakilan DPMPD Kab. Tangerang pada sambutannya menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan RUPS BUMDes Gema Mandiri.

"Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi dan contoh positif bagi BUMDes yang ada di Kabupaten Tangerang" pungkasnya

Go to top