Hari Ini Google Tampilkan Sosok Ibu Kasur, Siapa Beliau?

Google Doodle Minggu (16/1/2022) Google Doodle Minggu (16/1/2022)

Detakbanten.com Tokoh - - Google Doodle hari ini Minggu, 16 Januari 2022 menampilkan sosok seniman dan tokoh pendidikan Indonesia, Ibu Kasur.

Ibu Kasur terlahir dengan nama Sandiah pada 16 Januari 1926 dikenal sebagai sosok ibu yang sabar dan penyayang, dia ajarkan generasi muda Indonesia moral dan pelajaran untuk masa depan.

Disebut ibu Kasur lantaran ia menikah dengan Soerjono yang memiliki julukan Pak Kasur. Soerjono sendiri mendapat julukan Kasur sejak usia muda ia dipanggil Kak Soer.

Bu Kasur sosok yang peduli anak juga pendidik  kerap berbicara di seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia anak. Bu Kasur dan Pak Kasur membuat lagu-lagu anak yang sering diputar di televisi dan radio.

Lagu-lagu yang diciptakan berjudul antara lain Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.

Atas jasanya di bidang pendidikan anak, Bu Karus memperoleh banyak penghargaan seperti di tahun 1992 Bintang Budaya Para Dharma, Penghargaan Hari Anak Nasional yang diberika Presiden di tahun1988, Centro Culture Italiano Premio Adelaide Ristori Anno II dari pemerintah Italia pada tahun 1976 dan penghargaan pembawa acara anak-anak legendaris di televisi.

Bu Kasur menghembuskan nafas terkahirnya di usia 76 tahun pada 22 Oktober 2002, akibat serangan stroke. Ia di semayamkan di Kalibogor, Banyumas, Jawa Tengah di samping makam pak Kasur. (Aip)

 

 

Go to top