Kecamatan Sukamulya Raih ke 5 Besar Lomba TTG Tingkat Nasional

Kecamatan Sukamulya Raih ke 5 Besar Lomba TTG Tingkat Nasional

Detakbanten.com TANGERANG -- Kabupaten Tangerang patut berbangga karena prestasi yang diraih oleh Kecamatan Sukamulya. Dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2021 di tingkat nasional, Posyantek Kembang Padi asal Desa Kaliasin, Kecamatan Sukamulya berhasil memasuki peringkat 5 besar.

Camat Sukamulya, Dra. Yati Nurulhayat mengatakan bahwa Kecamatan Sukamulya dapat menduduki posisi 5 besar dikarenakan hadirnya inovasi berupa alat yang dapat mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar.

"Produk yang kita tampilkan yaitu berupa alat yang dapat mengolah sampah menjadi BBM, gas, listrik, dan pupuk organik," terang Camat Sukamulya. Ini

Menurutnya, inovasi ini didapat langsung dari karya warga sekitar melalui pembinaan dari Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) untuk memotivasi dan memunculkan inovasi-inovasi baru di desa, baik melalui alat, program, maupun regulasi.

"Saya berharap, untuk ke depannya Posyantek ini jauh lebih baik lagi. Kemarin syukur Alhamdulillah kita mendapatkan 5 besar di tingkat nasional, mudah-mudahan di tahun depan kita bisa menjuarai tiga besar karena Kecamatan Sukamulya juga memiliki motto Terbang (Terbaik dan Membanggakan)," jelasnya.

Ketua Posyantek Sukamulya, Tosim menuturkan setelah menjuarai lomba teknologi pada tingkat provinsi, alat penghasil BBM ini sudah mengalami pengembangan. Produk yang dihasilkan oleh alat tersebut tidak ada yang terbuang, semua dapat terpakai.

"Proses alatnya yakni dari sampah plastik yang dimasukkan ke dalam tabung (pembakaran), kemudian ditutup rapat sehingga terdapat bocoran uap yang menghasilkan energi listrik, BBM, gas, dan hasil pembakarannya menghasilkan pupuk organik," jelasnya.

 

 

Go to top