Kerjasama Penanganan Sampah Disetujui, Fraksi Gerindra-PAN: Tangsel Maksimalkan Fungsi TPS3R

Kerjasama Penanganan Sampah Disetujui, Fraksi Gerindra-PAN: Tangsel  Maksimalkan Fungsi TPS3R

detakbanten.com, TANGSEL-Ketua Fraksi Gerindra-PAN DPRD Kota Tangsel Ahmad Syawqi meminta Pemkot Tangsel segera membenahi permasalahan pengelolaan sampah yang ada di Tangsel.

Salahsatunya, Pemkot harus membenahi pengelolaan sampah di hulu agar ditangani dengan benar serta memaksimalkan TPS 3R (reduce, reuse, recycle).

"Maka sampah yang dibuang ke TPA adalah residu yang tidak bisa didaur ulang, diolah jadi ecobrick. Jadi dengan demikian, TPA memiliki masa bertahan yang lebih lama," kata Saywqi di DPRD Tangsel, Senin (8/3/2021).

Menurutnya, Kota Tangsel telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 tahun 2019 tentang Perubahan atas Perda Nomor 03 Tahun 2013 mengenai pengelolaan sampah. Mengacu Perda tersebut, Walikota harus mengimplementasikan Perda tersebut dengan serius.

"Kemudian harus dilakukan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat secara intens, agar masyarakat ikut terlibat aktif dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Tangsel ini," ungkapnya.

Syawqi kemukakan, kondisi TPA Cipeucang yang sudah melebihi kapasitas, sudah tak mampu menampung ratusan ton sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Tangsel.

"Pemkot harus memaksimalkan peran TPS3R agar kedepannya dapat meminimalisir resiko dan menghindari terjadinya bencana lingkungan di TPA Cipeucang," terang Syawqi.

Syawqi jelaskan, meski Walikota Tangsel telah mengambil kebijakan dengan melakukan kerja sama antar daerah soal penanganan sampah dengan Kota Serang dan telah disetujui DPRD, namun Fraksi Gerindra-PAN menegaskan agar kerja sama tersebut tidak melanggar peraturan perundang-undangan, tidak merugikan keuangan daerah, dan dapat meminimalisir terjadinya dampak negatif lingkungan sosial.

"Ini jadi perhatian kita bersama, kerja sama penanganan sampah ini merupakan kebijakan jangka pendek (3 tahun) untuk mengatasi permasalahan sampah di Tangsel," tandasnya.

Go to top