Masuk Masa Tenang, Benyamin Instruksikan Satpol PP Tertibkan APK Pemilu

Masuk Masa Tenang, Benyamin Instruksikan Satpol PP Tertibkan APK Pemilu

detakbanten.com, TANGSEL-Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah memasuki tahapan masa tenang. Untuk itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengadakan apel siaga pengawasan masa tenang dan pungut hitung, yang dipimpin Wali Kota Benyamin Davnie.

Benyamin mengatakan, apel ini sebagai tanda untuk dimulainya penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). Ia pun menginstruksikan agar perangkat daerah membantu selama proses penertiban APK tersebut.

"Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, BPBD dibantu pula dari teman-teman aparat kewilayahan untuk membantu Bawaslu menertibkan atribut kampanye. Kemudian juga dibantu dari kepolisian, Kodim 0506 untuk menunjukkan di Tangsel kita hadir bersama-sama untuk menciptakan suasana aman dan terkendali dalam penyelenggaraan Pemilu ini," kata Benyamin dihalaman kantor Disdukcapil, Kecamatan Setu, Minggu (11/2/2024).

Termasuk pula Dinas Lingkungan Hidup untuk membantu proses pembersihan seluruh APK Pemilu yang tersebar di Tangsel.

"Kemudian simpan saja dulu sampai selesainya masa pencoblosan dan penghitungan. Disimpan dulu, jangan didistribusikan, takut ada yang dimanfaatkan pihak-pihak lain. Kalau perlu dibuatkan berita acaranya, nanti pemusnahannya, saya minta bantuan dari pihak kejaksaan negeri untuk memenuhi unsur-unsur hukumnya seperti apa," terangnya.

Pada kesempatan itu juga, Benyamin mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan baik dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) maupun partai politik peserta Pemilu 2024 yang telah menyelesaikan kampanye dengan aman, nyaman dan damai di Kota Tangsel.

"Termasuk pula KPU maupun Bawaslu, yang terus aktif memastikan pelaksanaan kampanye pemilu berjalan sebagaimana mestinya," terang Benyamin.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangsel, Muhammad Acep mengatakan, memasuki masa tenang yang dimulai pada hari Minggu ini hari ini, maka tidak ada lagi kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu.

"Hari ini tidak ada lagi kegiatan apapun, termasuk APK. Jadi kami sudah mengimbau kepada seluruh peserta Pemilu untuk menertibkan dan menurunkan APK nya. Namun sampai semalam, kami tidak mendapatkan laporan dari peserta pemilu yang menurunkan alat peraga," ucapnya.

Dengan begitu, Bawaslu bersama Satpol PP dan Kepolisian akan melakukan penertiban secara keseluruhan.

"Mudah-mudahan ini tidak menjadi sampah yang menumpuk, bisa langsung dimusnahkan. Kalau kemarin kita masih bingung siapa yang menurunkan APK. Kalau hari ini, seluruh masyarakat juga bisa menertibkan dan menurunkan alat peraga kampanye tersebut," ujarnya.

Caption : Wali Kota Benyamin Davnie bersama Ketua Bawaslu Tangsel, M Acep lakukan penertiban APK Pemilu disalah satu jalan raya kawasan Setu.

 

 

Go to top