Melihat Kemegahan Jakarta International Stadium

 Jakarta International Stadium. (Aip/Detak) Jakarta International Stadium. (Aip/Detak)

Detakbanten.com OLAHRAGA - - Jakarta sebentar lagi bakal punya stadium sepak bola baru, Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di daerah Papanggo, Jakarta Utara kini pembangunanannya sudah mencapai 98% dan akan ditargetkan selesai sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 2022.

Stadion tersebut digadang-gadang akan menjadi stadion sepak bola termegah yang ada di Indonesia dengan kapasitas penonton 82 ribu orang.

Jakarta International Stadium juga memiliki desain bangunan yang ramah terhadap lingkungan, atap stadion yang bisa buka tutup sehingga dapat dikondisikan dengan cuaca hujan atau panas, selain itu JIS tidak memiliki jalur atletik seperti stadion sepak bola di Indonesia pada umumnya.

Rumput di JIS menggunakan infrastruktur standar FIFA. JIS juga memiliki desain yang benuansa kearifan lokal Betawi. JIS memliki jogging track di ketinggian 72 meter di atas permukaan laut dengan panjang 800 meter.

JIS dirancang dengan bangunan ramah lingkungan sebagai predikat platinum.

Predikat tersebut diperoleh berdasaran hasil penilaian sertifikasi Green Building Council Indonesia atau GBCI.

JIS sendiri memiliki instalasi khusus guna konservasi air, juga material yang digunakan merupakan ramah lingkungan, atap dari JIS memiliki 1.080 unit panel surya.

Selain itu bagian atap JIS berkonstruksi baja dengan bobot 3.900 ton dengan ketinggian 72 meter.

Yang unik juga terdapat pada bagian kursi penonton karena sisi dan kemiringan yang beda yakni vertikal, curam lebih landai.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pembangunan Jakarta International Stadium bisa rampung pada bulan ini Maret 2022.

"Isyaallah di Maret 2022 stadion ini akan tuntas 100 persen. Akhirnya 13 tahun penantian menemui ujungnya dan JIS siap untuk menampung warga Jakarta, warga Indonesia, dan warga dunia untuk hadir di tempat ini," kata Gubernur DKI Jakarta dikutip detakbanten.com dari Suara. (29/3/2022). (Aip)

 

 

Go to top