Pasar Gemstone Ramaikan Metropolis Tangerang

Detakbanten.com Kota TANGERANG - Gemstone atau lebih dikenal dengan Batu Mulia dan Batu Akik dari alam Indonesia kini telah menjadi tren. Tak sedikit orang yang sibuk memamerkan keindahan dengan keunikan batu dari masing-masing jenisnya.

Di Kota Tangerang, Gemstone hadir di Metropolis Town Square lantai 2. Lebih dari seratus pedagang menjajakan barangnya di sini. Transaksi jual beli dan gosok-menggosok batu, serta bincang antar komunitas pecinta Gemstone meramaikan aktifitas Mal Metropolis.

"Ya, semua sibuk memamerkan keindahan dan keunikan batu mulia/akik seperti, Bacan, Kalimaya, dan lainnya," ujar Mela Sundari Marcom Mall Metropolis Town Square, Jumat ( 10/4/2015).

Mela juga mengatakan, lebih dari seratus pedagang telah bergabung di sini, sebagai daya tarik customer Gemstone dan mendukung program Go Green, pihaknya menyelenggarakan program belanja berhadiah. Setiap pengunjung yang bertransaksi minimal 200 ribu di Gemstone market mal Metropolis, dapatkan satu buah bibit tanaman dari berbagai jenis tanaman.

"Selain itu, di Gemstone market mall Metropolis juga semakin lengkap dengan hadirnya Big Lab, yakni laboratorium batu mulia bersertifikasi pertama di Tangerang, sehingga para Gemstone mania bisa mengecek detail batu yang dimiliki serta mendaatkan sertifikat," jelas Mela.

Sementara ketua Indonesia Gemstone (IGS) Suwandi Gozali mengatakan, perkembangan batu akik di Indonesia sangat bagus, melihat Indonesia yang merupakan negara yang kaya akan alam,budaya dan seninya, sangat cocok untuk mengembangkan seni batu akik.

Karena seni ini merupakan ekonomi berbasis budaya,dimana kita selain memiliki seni batik, keris namun kita juga memiliki seni batu akik yang patut dikembangkan. Ini merupakan suatu fenomena yang sangat positif dimana secara tidak langsung ekonomi rakyat bergerak, lapangan pekerjaan secara tidak langsung terbuka bagi masyarakat. "Melalui seni batu ini, bisa sebagai alat pemersatu bangsa," Ujar Suwandi Gozali.

Selain itu, Suwandi menambahkan, IGS juga mengadakan turnamen antar daerah,dimana diadakan dimasing masing daerah nya yang nantinya aakan kami saring untuk kembali ditandingkan ,dimana finalnya akan memperebutkan piala presiden.

"IGS sangat berterimakasih juga kepada tiap kepala daerah yang sudah mendukung turnamen ini,selain itu seni batu akik ini patut kita lestarikan," katanya.

Go to top