Pemkab Serang Gelar Lomba Olahraga Tradisional Peringati HUT Kemerdekaan RI

Pemkab Serang Gelar Lomba Olahraga Tradisional Peringati HUT Kemerdekaan RI

detakserang.com- SERANG, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar lomba olahraga tradisional. Perlombaan ini berlangsung di halaman Kantor ULP Kabupaten Serang, Rabu (13/8).

Kepala Saksi Disparpora Kabupaten Serang Yadi Supriadi yang juga Ketua Panitia Lomba mengatakan, pihaknya dipercaya Setda untuk menyelenggarakan olahraga tradisional. Lomba dibagi dua macam yaitu tradisional wajib dan tradisional hiburan. Untuk tradisional wajib terdiri atas tiga macam lomba yaitu dagongan, enggrang, dan bakiak atau terumpah panjang. Sedangkan lomba tradisioanal hiburan yaitu memasukan belut ke botol dan memasukan paku ke dalam botol.

Lomba ini, lanjut Yadi, diikuti semua instansi di Kabupaten Serang. Kendati demikian, tidak semua instansi bisa mengikuti. Karena pihaknya sudah mengundang mereka untuk ikuti lomba ini.

Yadi mengatakan, lomba ini awalnya akan dilaksanakan selama dua hari. Karena padatnya kegiatan di Kabupaten Serang, lomba hanya digelar dalam satu hari.

Menurut Yadi, silahturahmi antarinstansi di Kabupaten Serang akan lebih terjalin adanya lomba olahraga tradisional ini. Untuk itu, olahraga tradisional bisa lebih dikembangkan, agar tidak dibelakangkan.

Yadi mengatakan, Pemkab Serang akan memberikan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Hadiah akan diberikan kepada pemenang lomba pada saat malam resepsi memperingati HUT Ke-69 RI di Pendopo Kabupaten Serang, Senin (18/8).

 

 

Go to top